UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN FIQIH WANITA MELALUI PROGRAM KEPUTRIAN DI SMK SALAFIYAH PLUMBON

Siti Khodijah, (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN FIQIH WANITA MELALUI PROGRAM KEPUTRIAN DI SMK SALAFIYAH PLUMBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Siswi masih awam akan pengetahuan fiqih wanita banyak yang belum bisa memahami dan membedakan darah haid, nifas dan istihadhoh. Siswi juga kurang mampu memahami dan menjelaskan kembali materi fiqih wanita yang telah diberikan guru. Pemahaman fiqih wanita sangat penting dipelajari oleh seorang siswi yang mengalami perubahan transisi dari masa anak-anak menuju dewasa yang banyak sekali perubahan salah satunya mengalami haid. Oleh karena itu upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) ini sangat diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan fiqih wanita kepada siswi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan pengetahuan fiqih wanita melalui program keputrian di SMK Salafiyah Plumbon (2) mendeskripsikan pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan pengetahuan fiqih wanita melalui program keputrian di SMK Salafiyah Plumbon. (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan pengetahuan fiqih wanita melalui program keputrian di SMK Salafiyah Plumbon. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara tidak berstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan memverifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan meliputi bahan ajar, metode pembelajaran, alokasi waktu. (2) Pelaksanaan meliputi penghimbauan, pembukaan, inti, penutup dan evaluasi. (3) Faktor pendukung meliputi rasa kemauan dan keinginan kuat guru, ketersediaan sumber dana, kebersihan dan penerangan ruangan masjid yang baik sedangkan faktor penghambat meliputi kurangnya antusias dan kesadaran siswi, terbatasnya waktu dan penjadwalan kurang efektif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI, Fiqih Wanita, Program Keputrian
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:04
Last Modified: 03 Jan 2023 04:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9138

Actions (login required)

View Item View Item