Ilham Rabani, (2022) IMPLEMENTASI MEDIA KOMIK SEBAGAI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI BEREMPATI DAN MENGHORMATI ITU MUDAH UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BEBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1 COVER - 1808101205.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I - 1808101205.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V - 1808101205.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - 1808101205.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Media adalah sesuatu yang membawa infromasi antara sumber (source) dan penerima (reciver) informasi. Media pembelajaran juga dapat dipahami sebagai alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pengajaran. Berdasarkan hasil observasi awal, ketika PLP di SMP Negeri 1 Beber Kabupaten Cirebon diperoleh beberapa fenomena diantaranya: belum adanya media komik pembelajaran untuk pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Berempati dan Menghormati itu Mudah dan guru terbiasa menggunakan buku pegangan siswa sebagai media pembelajaran tanpa mencoba media pembelajaran yang efektif dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Rumusan penelitian yang diambil pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pengembangan media komik pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada materi “Berempati dan Menghormati itu Mudah”? 2) Apakah media komik pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Beber Kabupaten Cirebon? 3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam penelitian pengembangan media komik pembelajaran PAI materi Berempati dan Menghormati itu Mudah untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Beber? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media komik sebagai pembelajaran pendidikan agama Islam materi “Berempati dan Menghormati itu Mudah.” untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Beber Kabupaten Cirebon. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif menggunakan metode pengisian angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, langkah-langkah yang dilakukan dalam pengembangan media komik meliputi pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, produk akhir. Kedua, penilaian komik dari ahli materi adalah 100%, ahli media adalah 100%, guru PAI adalah 100%, ujicoba produk adalah 96%, dan ujicoba pemakaian 97%. Sehingga komik pembelajaran yang dikembangkan termasuk kedalam kategori Baik atau layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Ketiga, selama proses penelitian dilakukan terdapat beberapa faktor penghambat dan faktor pendukung yang memudahkan peneliti dalam penelitian maupun pengembangan media.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Komik, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 04:43 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 04:43 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9141 |
Actions (login required)
View Item |