PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA SMK KARTIKA XIX-3 KOTA CIREBON TAHUN AJARAN 2021/2022

Indayatin Naslihah, (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA SMK KARTIKA XIX-3 KOTA CIREBON TAHUN AJARAN 2021/2022. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan sosok yang dibutuhkan untuk memicu keberhasilan anak didiknya dalam proses menciptakan generasi penerus yang berkualitas baik secara intelektual maupun akhlaknya. Guru berperan dalam mengembangkan potensi siswa dengan memberikan pengajaran, bimbingan, serta mendidik agar terpenuhi suatu tujuan. Oleh sebab itu, peran seorang guru berpengaruh dalam mengembangkan potensi yang dimiliki siswa termasuk dalam hal meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini ada tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, display data, dan kesimpulan atau verifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui peran guru, Untuk mengetahui kemampuan siswa, Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi dalam kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa SMK Kartika XIX-3 Kota Cirebon. Setelah melakukan penelitian, diketahui bahwa kondisi siswa SMK Kartika XIX-3 Kota Cirebon dapat dikatakan masih kurang lancar dari segi membaca al-Qur'an jika dilihat dari tiga aspek: tajwid, makhorijul huruf dan tartil. Kondisi sarana prasarana yang dimiliki oleh SMK Kartika XIX-3 Kota Cirebon juga baik namun perlu adanya pembenahan mengenai fasilitas alat pembelajaran. Kemampuan siswa dalam membaca al-Qur'an di SMK Kartika XIX-3 Kota Cirebon masih kurang, karena memang dari dalam diri siswanya kurang tertarik untuk belajar al-Qur‟an dan strategi guru yang masih belum tepat. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa peran guru pendidikan agama Islam sudah baik. Namun kemampuan siswa dalam membaca al-Qur'an masih belum lancar. Diketahui pula bahwa ketertarikan belajar siswa di SMK Kartika XIX-3 Kota Cirebon lebih dipengaruhi oleh kemauan dari siswa itu sendiri serta kondisi fisiknya. Langkah kedepan yang harus dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMK Kartika XIX-3 Kota Cirebon bersama-sama mencari solusi yang tepat sebagai strategi meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur'an.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kemampuan siswa, Membaca al-Qur'an
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:48
Last Modified: 06 Jan 2023 01:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9161

Actions (login required)

View Item View Item