Rani Rachmah Wati, (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 8 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (443kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pencapaian hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang tergolong masih rendah. Hal ini dikarenakan pada proses pembelajaran guru masih menerapkan metode konvensional. Sehingga siswa tidak terbiasa mengatasi permasalahan yang timbul karena materi sepenuhnya diberikan oleh guru tanpa melibatkan siswa, siswa cenderung pasif dan pembelajaran berjalan monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran discovery-inquiry learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery-inquiry learning terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa di SMP Negeri 8 Kota Cirebon. Kerangka pemikiran dalam skripsi ini yang menjadi variabel independennya adalah model pembelajaran discovery-inquiry learning (X) dan variabel dependennya yaitu hasil belajar siswa (Y). Penelitian ini ingin membuktikan bahwa ada tidaknya perbedaan rata-rata hasil belajar PAI antara sebelum dan sesudah diterapkan model model pembelajaran discovery-inquiry learning. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen dengan desain penelitian one groups pretest�posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 8 Kota Cirebon yang terdiri dari 190 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan random sampling, dengan mengambil sampel sebanyak 10-15% dari jumlah populasi yaitu 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskripti data,uji N-gain dan uji paired sample test. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa setelah diberikan perlakuan (posttest) lebih tinggi daripada hasil belajar sebelum diberikan perlakuan (pretest), hal ini juga diperoleh dari hasil uji-t, dimana nilai thitung = -14,218, df = 27, dan p-value = 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran discovery-inquiry learning terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VIII A SMP Negeri 8 Kota Cirebon”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery-inquiry learning ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 02:49 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 02:49 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9168 |
Actions (login required)
View Item |