YADI SUPRIAD, (2012) PENGARUH KARAKTER GURU (KREATIF, HUMORIS, DAN BERWIBAWA) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTS FATAHILAH PANGKALAN KECAMATAN CIAWIGEBANG KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
YADI SUPRIADI_07440624__OK.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
YADI SUPRIADI : Pengaruh Karakter Guru (Kreatif, Humoris, dan Berwibawa) Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di MTS Fatahilah Pangkalan Ciawigebang Kuningan. Salah satu yang mempengaruhi kualitas pembelajaran adalah karakter guru (kreatif, humoris, dan berwibawa). Guru mempunyai pengaruh yang cukup dominan terhadap kualitas pembelajaran. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor guru, faktor guru disini memuat beberapa hal yang mempengaruhi pembelajaran, mulai dari cara mengajar, sikap dan karakter guru di depan kelas, tinggi rendahnya pengetahuan yang dimiliki guru, dan bagaimana guru mentransfer ilmunya kepada peserta didiknya. Hal-hal tersebut menentukan hasil belajar yang dapat dicapai peserta didik guna membangkitkan motivasi belajar siswa dalam belajar, sehingga siswa mendapatkan nilai yang maksimal dalam kegiatan belajar mengajar yang di ikuti secara optimal di sekolah. Masalahnya adalah bagaimanakah pengaruh karakter guru terhadap motivasi belajar siswa di Mts Fatahilah Pangkalan Ciawigebang Kuningan? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Mengetahui karakter guru Di MTS Fatahilah Pangkalan Ciawigebang Kuningan, Mengetahui motivasi belajar siswa dengan karakter guru pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas IX di MTS Fatahilah Pangkalan Ciawigebang Kuningan, Mengetahui seberapa besar pengaruh karakter guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas IX di MTS Fatahilah Pangkalan Ciawigebang Kuningan. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa adalah faktor proses pembelajaran. Dari faktor proses pembelajaran meliputi karakter guru (kreatif, humoris, dan berwibawa), sikap dan motivasi belajar siswa. Guru yang mempunyai karakter yang baik akan mampu menumbuhkan sikap positif dan meningkatkan prestasi belajar bagi para siswanya. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan suatu pendekatan empirik. Kemudian data yang telah diperoleh dikumpulkan, dianalisis, dan juga disajikan secara kuantitatif. Teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara, dan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hipotesis yang penulis ambil adalah terdapat pengaruh karakter guru (kreatif, humoris, dan berwibawa) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTS Fatahilah Pangkalan Ciawigebang Kuningan. Adapun hasil yang diperoleh dari perhitungan product moment adalah 0,354 yang berarti ada pengaruh yang positif antara karakter guru dengan motivasi belajar siswa. Jika dilihat dari tabel koefisien korelasi, nilai 0,354 termasuk dalam kategori sedang atau cukup. Dari perhitungan nilai koefisien penentu (determinan) pengaruh karakter guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 13% dan sisanya 87% ditentukan oleh variabel lain. Jika dilihat dari hasil uji-t, diperoleh nilai sehingga atau 2,003>1,701. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan dari karakter guru terhadap motivasi belajar siswa di MTS Fatahilah Pangkalan Ciawigebang Kuningan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 15 Mar 2017 08:05 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 03:18 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/917 |
Actions (login required)
View Item |