Zahratul Munawaroh, (2022) Peran Pengurus Pondok Pesantren dalam Mengembangkan Sikap Disiplin Belajar Santri Pondok Pesantren Asy-Syuhada Babakan Ciwaringin Cirebon. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (326kB) | Preview |
Abstract
Kenakalan remaja masih sering terjadi di Indonesia terutama di daerah Cirebon, kenakalan remaja yang kerap kali terjadi di kota Cirebon yaitu seperti tawuran pelajar, bolos sekolah dan lain sebagainya. Hal demikian disebabkan karena kurangnya pendidikan karekter bagi anak dan remaja, maka dari itu perlu adanya suatu lembaga yang membina dan membentuk dan mengembangkan karekter. Di Indonesia salah satu lembaga yang sudah menerapkan dan berkonsentrasi dalam mengembangkan sikap disiplin adalah pondok pesantren.Sistem pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Asy-Syuhada tidak hanya memprioritaskan pada metode pembelajaran dan kemampuan santri saja, akan tetapi di Pondok Pesantren Asy- Syuhada juga berkonsentrasi dalam pengembangan akhlak atau karakter, salah satunya yaitu sikap disiplin dengan melalui beberapa kegiatan seperti pembiasaan, teladan dan motivasi yang diberikan oleh pengurus serta adanya tata tertib yang berlaku. Penelitian ini ditujukan untuk (1) Mengetahui peran pengurus Pondok Pesantren dalam mengembangkan sikap disiplin belajar santri Pondok Pesantren Asy-Syuhada, (2) Mengetahui sikap disiplin belajar santri Pondok Pesantren Asy�Syuhada, dan (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan sikap disiplin belajar santri Pondok Pesantren Asy-Syuhada Babakan Ciwaringin Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pengurus Pondok Pesantren Asy-Syuhada memiliki peran sebagai inspirator atau teladan, motivator, dan pembimbing, hal demikian dapat dilihat dengan adanya Pengurus yang selalu mengingatkan santrinya untuk mengikuti seluruh kegiatan di pondok pesantren Asy-Syuhada melalui berbagai cara. (2)Upaya Pengembangan sikap disiplin belajar santri Pondok Pesantren Asy-Syuhada secara umum dilakukan dengan cara mengoptimalkan peraturan dan takzir atau hukuman, selain itu santri di Pondok Pesantren Asy- Syuhada juga memiliki kedisiplinan cukup baik, akan tetapi belum secara keseluruhan, hal ini menunjukan bahwa kedisiplinan santri Pondok Pesantren Asy-Syuhada perlu di tingkatkan melalui peraturan- peraturan yang ada. (3) Faktor penghambat dalam proses mendisiplinkan santri di Pondok Pesantren Asy-Syuhada adalah kurangnya kesadaran santri mengenai kedisiplinan dan dukungan wali santri terhadap peraturan pondok, selain itu faktor pendukungnya yaitu adanya peraturan dan tata tertib yang dapat menjadi acuan pengurus dalam mendisiplinkan santri.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, Pengurus Pondok Pesantren, Sikap Disiplin Belajar Santri |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 00:55 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 00:55 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9227 |
Actions (login required)
View Item |