Penggunaan Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Banjaran Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka

Novia Agustin, (2022) Penggunaan Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Banjaran Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus..pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang ditemukannya sistem pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional, dan siswa tidak menjadi subjek utama maka dikhawatirkan siswa sulit dalam memahami suatu materi pembelajaran. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti penggunaan metode jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 3 Banjaran. Metode jigsaw adalah metode kooperatif dengan pelaksanaanya membagi siswa menjadi beberapa kelompok asal yang diberi tugas untuk membahas materi dengan kelompoknya, kemudian kelompok asal dibagi menjadi kelompok ahli satu orang dari masing-masing kelompok asal untuk ditugaskan menguasai materi lainnya. Jika sudah menguasai kembali lagi pada kelompok ahli untuk menyampaikan masing-masing materi yang didapatkan. Metode jigsaw menitik beratkan pada kerja kelompok siswa dalam bentuk kelompok kecil. Salah satu upaya untuk mendukung kegiatan belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang lain pada biasanya, seperti menggunkan metode jigsaw. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui (1) Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Banjaran Sebelum Penggunakan Metode Jigsaw (2) Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Banjaran Sesudah Penggunakan Metode Jigsaw (3) Peningkatan Hasil Belajar Sebelum dan Sesudah Penggunaan Metode Jigsaw Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Banjaran Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini adalah menganalisis data, yang kemudian dianalisis menggunakan paired sampel t-test, dan ternyata penelitian ini menggunakan bentuk penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 19 siswa dan sampel penelitian ini adalah kelas VII. Data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan mean, median, modus, n-gain dan paired sampel t-test Hasil dari penelitian ini yatitu bahwa thit = 11,141 > ttabel = 2,109 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya selisih rata-rata antara sebelum dan sesudah menggunakan metode jigsaw terdapat pengaruh dan efektif terhadap hasil belajar PAI.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Metode Jigsaw, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:03
Last Modified: 12 Jan 2023 01:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9229

Actions (login required)

View Item View Item