Agam Restu Praja, (2021) PENGARUH GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV DI SDIT NUSINTAMA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses yang harus dilakukan oleh seorang pendidik dalam upaya peningkatan kompetensi anak didiknya. Menurut Azhar (2011) pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat membawa informasi dan pengetahuan dalam interaksi yang berlangsung antara pendidik dengan peserta didik dan timbul komunikasi dua arah dalam situasi pembelajaran sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Namun permasalahan yang sering terjadi dalam proses belajar mengajar diantaranya adalah keterbatasan waktu di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk : (1)Untuk mengetahui penggunaan google classroom dalam pembelajaran (2)Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan google classroom (3)Untuk mengetahui pengaruh google classroom terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dan lembar angket. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Nusintama Kabupaten Cirebon yang berjumlah 25 siswa. Data penelitian ini dianalisis dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing verivication). Hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan google classroom terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDIT Nusintama, memiliki pengaruh yang kurang signifikan karena hasil uji regresi menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,908. Karena nilai signifikan lebih besar dari 0,05. (2) Hasil belajar IPA dengan menggunakan google classroom siswa kelas IV SDIT Nusintama Kabupaten Cirebon dengan jumlah responden sebanyak 25 siswa yaitu, dilihat dari hasil pretes dan postes menunjukkan perbedaan baik dari mean, nilai minimum, nilai maksimum maupun jumlah total. (3) Pengaruh Hasil penelitian membuktikan bahwa pengaruh Google Classroom terhadap Hasil belajar IPA Siswa Kelas 4 SDIT Nusintama Kabupaten Cirebon terbukti tidak pengaruh yang cukup signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > Information Technology Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 01:01 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 01:01 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9251 |
Actions (login required)
View Item |