PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA MI PUI CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN

Indi Halimatu Sa'diyah, (2022) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA MI PUI CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Game online merupakan salah satu media hiburan yang sudah tidak asing lagi bagi semua orang, dan banyak diminati oleh segala usia, baik orang tua, remaja, maupun anak-anak. Dalam beberapa tahun terakhir, game online telah berkembang pesat karna kemajuan teknologi ditambah dengan penerobosan luar biasa dari internet berkecapatan tinggi. Sejalan dengan perkembangan teknologi internet, muncul berbagai jenis game online. Bermain game online secara berlebihan dapat berdampak negatif bagi penggunanya. Aspek perkembangan anak salah satunya yaitu perkembangan sosial emosional yang mencakup perilaku anak dalam lingkungan sosialnya. Perkembangan sosial emosional anak merupakan dua aspek yang berbeda namun keduanya tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh game online terhadap perkembangan sosial dan emosional siswa MI PUI Cilimus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan desain penelitian korelasional. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran angket/kuesioner dan diolah dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan game online pada siswa MI PUI CILIMUS berada pada kategori tinggi sebesar 31%, 2) perkembangan sosial emosional siswa MI PUI CILIMUS berada pada kategori rendah sebesar 36%, 3) Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa game online memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan emosi siswa MI PUI Cilimus sebesar 27,4% dan sisanya sebesar 72,6% dipengaruhi oleh variabel lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: game online, perkembangan sosial emosional, dan siswa sekolah dasar
Subjects: T Technology > Information Technology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:15
Last Modified: 13 Jan 2023 01:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9254

Actions (login required)

View Item View Item