Dewi Prihatini, (2022) PERBANDINGAN MEDIA DIORAMA DAN MEDIA AUDIO VISUAL GERAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN SKI DI MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (603kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar siswa kelas IV memiliki motivasi belajar yang rendah. Motivasi yang rendah ini ditandai dengan adanya anggapan negatif dari siswa bahwa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sulit untuk dipahami, karena menjelaskan tentang sejarah islam di masa lampau sehingga cepat membosankan. Media diorama merupakan media tiga dimensi yang dapat diterapkan di lingkungan pendidikan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Media audio visual gerak yaitu media yang dapat menampilkan gambar dan suara. Media pembelajaran dapat menarik perhatian siswa ketika proses pembelajaran sehingga siswa memiliki rasa ingin tahu yang lebih ketika proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk memperoleh data motivasi belajar siswa dengan meggunakan media diorama di kelas IV-A MI Al Washliyah Perbutulan, (2) untuk memperoleh data motivasi belajar siswa dengan meggunakan media audio visual gerak di kelas IV-B MI Al Washliyah Perbutulan, (3) untuk memperoleh data seberapa besar perbedaan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media diorama dan media audio visual gerak pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu kelas IV-A dan IV-B. Keseluruhan populasi dari kelas IV-A dan IV-B berjumlah 45 siswa dijadikan sampel untuk penelitian. Variabel yang dikaji adalah media diorama, media audio visual gerak dan motivasi belajar siswa. Desain penelitian ini menggunakan Non-Equivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa, (1) motivasi belajar siswa dengan menggunakan media diorama dikategorikan baik, yaitu sebesar 91,45%, (2) motivasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual gerak dikategorikan baik, yaitu sebesar 94,55%, dan (3) ada perbedaan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media diorama dan media audio visual gerak kelas IV di MI Al Washliyah Perbutulan. Hal ini ditunjukan dengan nilai N-Gain sig. (2-tailed) sebesar 0,008 < 0,05 Ho ditolak dan Ha diterima. Motivasi belajar siswa kelas IV-A menggunakan media diorama memperoleh nilai Mean (rata-rata) sebesar 55,1817. Motivasi belajar siswa kelas IV-B menggunakan media audio visual gerak memperoleh nilai Mean (rata-rata) sebesar 32,1577.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Diorama, Media Audio Visual Gerak, Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 02:01 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 02:02 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9281 |
Actions (login required)
View Item |