Nirmala, (2022) PENGARUH MODEL CONCEPT MAPPING TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS IV DI MI DARUL HIKMAH FULL DAY SCHOOL KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang sering dihadapi seoraang guru dalam penerapan literasi sains terhadap peserta didik, selama ini peserta didik jarang digiring untuk berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran, kemudian ditambah lagi dengan kelemahan dalam mengkomunikasikan ide ataupun informasi secara lugas, kurangnya wawasan dalam membaca literatur serta kurang pula dalam wawasan berpikir. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan model concept mapping terhadap literasi sains siswa kelas IV Di MI Darul Hikmah Full Day School Kota Cirebon. Model pembelajaran concep mapping merupakan salah satu model pembelajaran yang menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa, karena representasi visual dari konsep-konsep semacam ini memiliki sejumlah keuntungan, bahwa symbol-simbol visual lebih cepat dan lebih mudah dikenal. Sehingga siswa lebih mengingat dan memahami materi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) menjelaskan bagaimana penerpan model pembelajaran Concept mapping di MI Darul Hikmah Full Day School Kota Cirebon. (2) mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Concept mapping di MI Darul Hikmah Full Day School Kota Cirebon. (3) mengetahui bagaimana Literasi Sains Siswa Kelas IV di MI Darul Hikmah Full Day School Kota Cirebon. (4) menjelaskan bagaimana pengaruh model pembelajaran Concept mapping terhadap Literasi Sains Siswa Kelas IV di MI Darul Hikmah Full Day School Kota Cirebon. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, desain Pre-Experimental Designs dengan jenis Intact-Group Comparison. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan angket. Sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik non probability sampling purposive karena mengambil dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang berjumlah 38 siswa. Data yang diolah diperoleh dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T dan uji determinasi. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penerapan model concept mapping dengan menggunakan observasi memperoleh nilai persentase sebesar 69% untuk percobaan ke-1 dan 92% untuk percobaan ke-2 memiliki hasil yang baik. Dari nilai literasi sain menunjukan peningkatan dengan hasil rata-rata posttest percobaan ke-1 sebesar 78 lebih tinggi dari hasil rata-rata pretest sebesar 61. Dan untuk rata-rata posttest percobaan ke-2 sebesar 88 lebih tinggi dari hasil rata-rata pretest sebesar 75. Terdapat pengaruh yang signifikan dengan nilai sig. (0,001) < probabilitas 0,05 pada percobaan ke-1. Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 di tolak. Untuk percobaan ke-2 nilai sig. (0,000) < probabilitas 0,05 pada percobaan ke-2. Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 di tolak artinya ada pengaruh antara penerapan model concept mapping terhadap literasi sain siswa. Adapun pengaruh penerapan model concept mapping terhadap literasi sain siswa dari hasil uji determinasi adalah 33,6% dan 60,2%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Concept Mapping, Literasi Sains |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 00:59 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 00:59 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9292 |
Actions (login required)
View Item |