Pengaruh Media Pembelajaran Lingkaran Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Tema 7 Di SD N 1 Barisan Kec. Losari Kab. Cirebon

Intan Pidi Asih, (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Lingkaran Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Tema 7 Di SD N 1 Barisan Kec. Losari Kab. Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang diketahui dari studi pendahuluan yang mana terdapat permasalahan mengenai hasil belajar siswa dalam belajarnya, seperti kurang semangat dalam pembelajaran. Untuk itulah perlu adanya media pembelajaran lingkaran pecahan ini untuk membantu peserta didik agar semangat dalam pembelajaran . Penelitian ini mengangkat tentang media lingkaran pecahan dalam Pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran lingkaran pecahan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas 2 di SD N 1 Barisan Kec. Losari Kab. Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan problem solving. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di SD N 1 Barisan. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh karena semua anggota populasi dipilih sebagai sampel sebanyak 43 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pembelajaran mengunakan media pembelajaran lingkaran pecahan sementara variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil angket siswa di kelas II SD N 1 Barisan sebelum menggunakan media pembelajaran lingkaran pecahan mendapatkan nilai yaitu 60%.sedangkan hasil angket setelah memenggunakan media pembelajaran lingkaran pecahan mendapat nilai lebih besar, yaitu sebesar 90%. Hasil analisis dilihat bahwa Media Pembelajaran Lingkaran Pecahan memiliki pengaruh positif terhadap Hasil Belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai p-value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai thitung> ttabel yaitu 8,015> 1,684. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian Terdapat Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Lingkaran Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas II tema 7 di SD N 1 Barisan Kec. Losari Kab. Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: penggunaan media lingkaran pecahan, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:54
Last Modified: 17 Jan 2023 01:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9302

Actions (login required)

View Item View Item