Intan Pidi Asih, (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Lingkaran Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Tema 7 Di SD N 1 Barisan Kec. Losari Kab. Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (874kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang diketahui dari studi pendahuluan yang mana terdapat permasalahan mengenai hasil belajar siswa dalam belajarnya, seperti kurang semangat dalam pembelajaran. Untuk itulah perlu adanya media pembelajaran lingkaran pecahan ini untuk membantu peserta didik agar semangat dalam pembelajaran . Penelitian ini mengangkat tentang media lingkaran pecahan dalam Pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran lingkaran pecahan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas 2 di SD N 1 Barisan Kec. Losari Kab. Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan problem solving. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di SD N 1 Barisan. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh karena semua anggota populasi dipilih sebagai sampel sebanyak 43 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pembelajaran mengunakan media pembelajaran lingkaran pecahan sementara variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil angket siswa di kelas II SD N 1 Barisan sebelum menggunakan media pembelajaran lingkaran pecahan mendapatkan nilai yaitu 60%.sedangkan hasil angket setelah memenggunakan media pembelajaran lingkaran pecahan mendapat nilai lebih besar, yaitu sebesar 90%. Hasil analisis dilihat bahwa Media Pembelajaran Lingkaran Pecahan memiliki pengaruh positif terhadap Hasil Belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai p-value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai thitung> ttabel yaitu 8,015> 1,684. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian Terdapat Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Lingkaran Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas II tema 7 di SD N 1 Barisan Kec. Losari Kab. Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penggunaan media lingkaran pecahan, hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 01:54 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 01:54 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9302 |
Actions (login required)
View Item |