Fadiya Chorrina, (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BUSY BOOK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SAINS KELAS I MI ASSALAFIYAH BODELOR. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1 COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang pada pembelajaran sains di MI guru masih cenderung hanya menggunakan menggunakan buku LKS, buku tema maupun lainnya. Sehingga siswa merasa bosan dan tidak aktif karena hanya mendengarkan dan mengerjakan soal latihan yang ada dibuku cetak siswa. Maka sudah seharusnya kita lebih kreatif dan berusaha semaksimal mungkin pada proses belajar mengajar, agar aktivitas belajar selalu meningkat. Pembelajaran tidak bisa dipisahkan dengan media pembelajaran, karena media pembelajaran merupakan suatu perantara atau pesan yang disampaikan oleh guru kepada siswa baik berbentuk fisik maupun teknis yang dapat memudahkan pembelajaran. Media busy book merupakan sebuah buku yang terbuat dari kain flanel berwarna-warni berupa gambar, tulisan serta memberikan aktivitas kepada siswa pada pembelajaran sains yang menyenangkan, dan bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penggunaan media busy book pada pembelajaran sains kelas I MI Assalafiyah Bodelor 2) bagaimana aktivitas siswa dalam belajar sains dengan menggunakan media busy book 3) bagaimana pengaruh penggunaan media busy book terhadap aktivitas belajar sains di kelas tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, karena metode ini sebagai bagian dari metode kuantitatif. Metode eksperimen ini menggunakan desain Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, angket, dan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IC dan ID dengan jumlah 56 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil tes penelitian ke-1 nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 59,29 dan pada kelas kontrol yaitu 58,57. Nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 67,86, dan pada kelas eksperimen yaitu 77,86. Pada penelitian ke-2 nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 65,00 dan pada kelas kontrol yaitu 62,14. Nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 68,21, dan pada kelas eksperimen yaitu 78,93. Dari hasil uji hipotesis penelitian ke-1 uji Indepentent Sample t-test nilai signifikan 0,007 ≤ 0,05 dan uji hipotesis penelitian ke-2 nilai signifikan 0,003 ≤ 0,05 maka pada penelitian ke-1 dan 2 H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Hasil tes kelas yang menggunakan media busy book dengan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Pada uji determinasi penelitian ke-1 nilai r-square sebesar 19%. Sedangkan pada penelitian ke-2 nilai r-square sebesar 24,9%. Sehingga pada penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan media busy book terhadap aktivitas belajar sains kelas I MI Assalafiyah Bodelor.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Busy Book, Aktivitas Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 01:17 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 01:17 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9333 |
Actions (login required)
View Item |