Rianti Nur Fatekhani, (2022) PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK MOOCOW (Studi Kasus: Moocow Di Jalan Garuda Kota Cirebon). Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (844kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju membuat transparansi informasi serta pola penyebaran informasi juga ikut beruabah. Selain itu juga, perkembangan teknologi dapat membuat informasi tersebar secara luas dan cepat sehingga konsumen dapat mengetahui berbagai informasi mengenai suatu jasa dan produk/barang , sebelum calon pembeli menetapkan dan membeli produk- produk tersebut. Bersumber dari beberapa permasalahan yang di paparkan penulis memiliki tujuan agar mengetahui apa saja kendala dan manfaat ketika menerapkan digital marketing yang digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran produk Moocow yang ada di Jalan Garuda Kota Cirebon dan untuk mengetahui tanggapan konsumen atau masyrakat terhadap pembelian barang atau produk yang pemasarannya dilakukan secara digital. Dan untuk mengetahui apakah produk “Moocow” semakin terkenal setelah menerapkan digital marketing. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan agar mendapatkan pemahaman yang sifatnya umum terhadap ketererangan yang ada di lapangan dari sudut pandang partisipan melalui data-data yang bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif lebih menitikberatkan pada penelitian dan suasana secara alamiah. Pendekatan penelitian menggunakan grounded theory. Tujuan grounded theory yaitu membangun teori baru walaupun banyak juga digunakan untuk memperdalam teori yang sudah ada. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran melalui digital marketing oleh pelaku usaha Moocow adalah penyampaian positioning statement di setiap postingan Facebook dan Instagram serta menjalin hubungan dengan pelanggan secara fast respond (cepat tanggap) di media sosial. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh cafe Moocow adalah dalam bentuk promo, diskon, undian, giveaway, dan edukasi pembuatan susu untuk kalangan anak-anak Paud dan TK. Semua strategi komunikasi disebarluaskan dengan menggunakan peran dari media sosial Facebook dan Instagram. Kendala dan manfaat digital marketing bagi pelaku usaha Moocow adalah dari sisi kendala yaitu pengaruhnya langsung pada komponen pemasaran yaitu kualitas produk yang tidak selalu sama dan kenyamanan pada lokasi usaha. Sedangkan temuan dari manfaat digital marketing adalah semakin dikenalnya produk Moocow oleh lapisan masyarakat tidak hanya di Cirebon saja namun dapat mencapai seluruh Indonesia yang membuat produktivitas meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Marketing, Strategi Komunikasi, Pemasaran |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 02:46 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 02:46 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9534 |
Actions (login required)
View Item |