SITI NURMAWATI, (2012) PERBANDINGAN PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN STHL (STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP) DAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTsN Luragung Kabupaten Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127350031_siti nurmawati (58451039)__ok.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
SITI NURMAWATI (58451039) : “ Perbandingan Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran STHL (Student Team Heroic Leadership) dan STAD (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Hasil Belajar Matematika SiswaPada Pokok Bahasan Bangun Ruang Prisma dan Limas (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTsN Luragung Kabupaten Kuningan) Pelajaran matematika dipandang sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang sangat sulit dipahami oleh para siswa. Sebagai salah satu contoh adalah bisa terlihat dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN Luragung yang di peroleh rata-rata kurang memuaskan. Data tersebut hasil survey peneliti ketika sebelum dilakukannya penelitian dari nilai ulangan sebelumnya yang diberikan oleh guru matematika di MTsN Luragung. Kemungkinan hal tersebut terjadi karena ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung, nampak beberapa atau sebagian besar siswa belum belajar sewaktu guru mengajar. Mereka masih pasif dalam belajar. Pembelajaran kooperatif di duga bisa mengatasi hal tersebut yang salah satu dari model pembelajaran kooperatif adalah strategi pembelajaran STHL dan STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan strategi pembelajaran STHL (Student Team Heroic Leadership) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran STAD (Student Team Acheivment Division), dan respon siswa terhadap pembelajaran STHL dan STAD. Dengan hipotesis penelitian diduga terdapat perbedaan pengaruh penerapan pembelajaran STHL (Student Team Heroic Leadership) dan STAD (Student Team Acheivment Division) terhadap hasil belajar siswa. STHL adalah pembelajaran dimana siswa diberikan rangkuman berisikan materi ajar dan bisa dipelajari dirumah sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan, peran guru sebagai fasilitator, sedangkan pembelajaran STAD siswa masih diterangkan materi ajarnya oleh guru. Metode penelitian eksperimen dengan teknik pengumpulan data wawancara, tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Luragung dengan teknik purposive sampling, yakni siswa kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran STAD (Student Teams Achievement) dan siswa kelas VIII. B sebagai eksperimen 2 yang menggunakan Strategi Pembelajaran STHL (Student Team Heroic Leadhership). Dengan alasan kedua kelas tersebut memiliki rata-rata nilai akademik hampir sama, guru matematika yang sama, jumlah siswa sama banyaknya, serta materi yang akan diajarkan belum pernah disampaikan. Hasil penelitian pada = 5% menunjukan bahwa P value < taraf signifikansi yakni 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran STHL dan strategi pembelajaran STAD. Rata-rata hasil belajar dengan penerapan strategi pembelajaran STHL sebesar 76,5 sedangkan rata-rata hasil belajar dengan penerapan STAD sebesar 68,13. Besarnya pengaruh besarnya variabel perlakuan terhadap hasil belajar sebesar 17,4%. Analisis dengan menggunakan rumus Cohen’s d sebesar 0,91 dapat disimpulkan bahwa pemberian perlakuan berupa pembelajaran STHL memberikan pengaruh yang tinggi, jika dibandingkan dengan pemberian perlakukan berupa pembelajaran STAD. Kata kunci : student-team-heroic-leadership-achivement-division-hasil belajar
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 17 Mar 2017 03:00 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 02:16 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/957 |
Actions (login required)
View Item |