PENGARUH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI SMP N 1 PABEDILAN KABUPATEN CIREBON

Wina Warningsih, (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI SMP N 1 PABEDILAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350033_WINA WARNINGSIH_58451051__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wina Warningsih. NIM 58451051.“PENGARUH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI SMP N 1 PABEDILAN KABUPATEN CIREBON”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Agustus 2012 Matematika sebagai ilmu yang mempelajari konsep-konsep yang abstrak mengakibatkan adanya sikap yang negatif dari sebagian siswa terhadap pelajaran matematika. Kenyataan tersebut tampak jelas, antara lain dapat diketahui di SMP N 1 Pabedilan yang diperoleh dari hasil wawancara dengan salah seorang guru matematika di sekolah tersebut. Siswa yang mempunyai sikap belajar yang negatif pada pelajaran matematika akan memperoleh prestasi belajar yang rendah. Seorang guru harus mampu menumbuhkan sikap belajar positif pada siswa. Oleh karena itu, perlu adanya penerapan inovasi model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk alternatif pembelajaran adalah model Learning Cycle 5E. Tujuan dari penelitian ini adalah: a) untuk mengkaji respon siswa terhadap penerapan model Learning Cycle 5E; b) mengkaji peningkatan sikap setelah belajar dengan penerapan model Learning Cycle 5E; c) mengkaji prestasi belajar matematika; d) mengkaji pengaruh langsung penerapan model Learning Cycle 5E dengan sikap belajar matematika; e) mengkaji pengaruh langsung sikap dengan prestasi belajar matematika, dan f) mengkaji pengaruh langsung dan tidak langsung penerapan model Learning Cycle 5E dengan prestasi belajar matematika. Model Learning Cycle 5E adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan 5 rangkaian tahap kegiatan (engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation) yang menekankan pada keaktifan siswa serta memperhatikan pengetahuan awal siswa untuk kemudian menemukan pengetahuan yang baru. Sikap adalah suatu kencenderungan untuk bertindak secara suka atau tidak suka terhadap suatu aktifitas pemecahan masalah pada pembelajaran matematika. Prestasi belajar adalah hasil atau taraf kemampuan yang telah dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar yang diukur dan dinilai kemudian diwujudkan dalam angka atau pernyataan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VIII SMP N 1 Pabedilan Tahun Ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 6 rombongan belajar dengan jumlah 243 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling dengan cara mengundi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket penerapan model Learning Cycle 5E, angket sikap belajar siswa dan tes prestasi belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian untuk hipotesis I, menunjukan bahwa nilai thitung sebesar 3,551 dan ttabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 1,6860. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel (3,551>1,6860) yang berarti bahwa hipotesis I H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh penerapan model Learning Cycle 5E terhadap sikap belajar siswa. Hasil penelitian untuk hipotesis II, menunjukan bahwa nilai thitung sebesar 4,735 dan ttabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 1,6860. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung >ttabel (4,735>1,6860) yang berarti bahwa hipotesis II H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh sikap terhadap prestasi belajar siswa. Sedangkan hasil penelitian untuk hipotesis III, menunjukan bahwa nilai thitung sebesar 4,280 dan ttabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 1,6860. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung >ttabel (4,280>1,6860) yang berarti bahwa hipotesis III H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh penerapan model Learning Cycle 5E terhadap prestasi belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 03:09
Last Modified: 07 Jun 2017 03:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item