Erni Yulia Rokmah, (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN STRATEGI PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Indramayu Sudirman). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (366kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang seringkali nasabah keluhkan yaitu terkait pelayanan yang diberikan oleh bank, contohnya yaitu keluhan tentang pelayanan pegawai customer service yang hanya ada satu orang saja, sehingga ketika Bank dalam keadaan ramai nasabah harus mengantri lama. Kemudian keluhan terkait mobile banking yang terkadang mengalami gangguan, ketika nasabah mentransfer sejumlah uang namun buktinya tidak muncul tetapi saldo di ATM sudah terpotong. Tentunya di luar itu masih dimungkinkan ada hal-hal lain pada pelayanan bank yang tidak sesuai dengan harapan nasabahnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan strategi pelayanan terhadap kepuasan nasabah (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Indramayu Sudirman), dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah para nasabah BSI KCP Indramayu Sudirman). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 98 responden. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling yaitu Purposive Sampling atau pengambilan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, pertimbangan tersebut yaitu dikhususkan untuk responden nasabah tabungan. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa metode, yaitu observasi, dokumentasi, kuesioner atau angket, dan studi kepustakaan. Untuk membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji linier berganda, serta uji t (parsial) dan uji f (simultan) menggunakan SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini yaitu secara parsial kualitas produk dan strategi pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan hasil uji parsial untuk variabel kualitas produk diperoleh t = 2,014 dengan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,047 < 0,05. Kemudian hasil uji parsial untuk variabel strategi pelayanan diperoleh t = 4,519 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya, hasil dari pengujian simultan, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 69,894 > Ftabel 3,09 yang berarti terdapat pengaruh antara kualitas produk (X1) dan strategi pelayanan (X2) secara simultan atau bersamaan terhadap kepuasan nasabah (Y).
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Produk, Strategi Pelayanan, Kepuasan Nasabah |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 01:31 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 01:31 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9724 |
Actions (login required)
View Item |