STRATEGI PEMBIAYAAN MUDHARABAH DALAM UPAYA PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM (Studi Kasus Bank BSI KC Sisingamangaraja)

Vuspa, (2022) STRATEGI PEMBIAYAAN MUDHARABAH DALAM UPAYA PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM (Studi Kasus Bank BSI KC Sisingamangaraja). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Pembiayaan mudharabah di Bank BSI KC Sisingamangaraja belum terlalu memberikan peran efektif dalam upaya pengembangan dan peningkatan pendapatan UMKM. Hal itu disebabkan strategi yang diterapkan belum cukup efektif sehingga menyebabkan transparasi pelaku UMKM minim, tidak ada pemisahan antara keuangan pribadi dengan keuangan usaha, kualitas pengelolaan keuangan dan laporan keuangan kurang, minimnya wawasan pelaku UMKM mengenai pengembangan usaha dan rendahnya kepercayaan pelaku UMKM terhadap bank. Padahal seharusnya dengan adanya pembiayaan mudharabah dan strategi yang diterapkan tepat, maka akan membantu pengembangan dan peningkatan pendapatan lebh efektif. Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui strategi pembiayaan mudharabah Bank BSI KC Sisingamangaraja dalam upaya pengembangan dan peningkatan pendapatan UMKM. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ini yaitu bank BSI KC Sisingamangaraja. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis SWOT, dengan dibantu menggunakan kuesioner yang berisi tanggapan atas setiap faktor eksternal dan internal dari strategi pembiayaan terhadap pengembangan dan peningkatan pendapatan kepada para petinggi di Bank BSI KC Sisingamangaraja. Penelitian ini menghasilkan bahwa strategi pembiayaan mudharabah dalam upaya pengembangan UMKM di Bank BSI KC Sisingamangaraja yaitu meningkatkan kualitas dan kuantitas fasilitas, memberikan saran kepada UMKM dalam berinovasi untuk usahanya seperti memanfaatkan trend belanja di marketplace atau sosial media, serta mempertahankan dukungan dan menjalin kerjasama dengan pemerintahan dalam pengembangan UMKM dengan ikut serta dalam program KUR. Sedangkan strategi pembiayaan mudharabah dalam upaya peningkatan pendapatan di Bank BSI KC Sisingamangaraja yaitu .bekerja sama dengan pemerintah untuk membuat wadah memasarkan produk UMKM berbasis teknologi seperti Buku Warung, memperbaiki kualitas produk UMKM dan berinovasi agar dapat bersaing di pasaran, mengadakan analisis dan evaluasi terhadap pengelolaan keuangan UMKM dan menyediakan SDM bank yang mumpuni.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembiayaan Mudharabah, Pengembangan UMKM dan Peningkatan Pendapatan UMKM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:43
Last Modified: 16 Feb 2023 03:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9772

Actions (login required)

View Item View Item