TITA FUJI ASTUTI, (2012) PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL ARITMATIKA SOSIAL (Studi Kasus di MTs PUI Cilimus Kabupaten Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127350058_TITA FUJI ASTUTI_07450709__ok.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
TITA FUJI ASTUTI. 07450709. “Pengaruh Pemahaman Konsep Aljabar Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Aritmetika Sosial (Studi Kasus di MTs PUI Cilimus Kabupaten Kuningan)” Kata Kunci : Pemahaman Konsep Aljabar, Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Mengajarkan suatu topik pembelajaran matematika harus menekankan prasyarat pengetahuan yang harus dimiliki siswa sebagai kompetensi dasar. Hal ini penting karena matematika adalah ilmu tentang struktur yang terorganisir sesuai dengan hierarkinya. Topik-topik dalam matematika itu tersusun secara hierarki mulai dari yang mendasar sampai yang paling sulit. Sesuai deskripsi tersebut, adakah pengaruh pemahaman konsep aljabar terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal aritmetika sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII MTs PUI Cilimus dalam memahami konsep aljabar dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal aritmetika sosial. Selain itu, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemahaman konsep aljabar terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal aritmetika sosial dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa pemahaman konsep aljabar sangat berperan dalam kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal aritmetika sosial. Ada dua jenis variabel yaitu variabel X dan variabel Y. Variabel X adalah variabel bebas dalam hal ini yaitu pemahaman konsep aljabar, sedang variabel Y adalah variabel terikat dan dalam hal ini adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal aritmetika sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTs PUI Cilimus Kabupaten Kuningan tahun ajaran 2011/2012, karena materi aritmetika sosial terdapat di kelas VII. Besarnya populasi sebanyak 101 siswa yang terbagi menjadi tiga kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang mengujikan ada tidaknya pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Pemahaman aljabar kelas VII MTs PUI Cilimus dikategorikan cukup dengan rata-rata hasil tes 62,59 dan kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal aritmetika sosial dikategorikan baik dengan rata-rata hasil tes sebesar 75,19. Model regresi yang digunakan adalah model regresi linier dengan persamaan = 6,119 + 0,914X yang menunjukkan data tersebut linier dan koefisien korelasinya sebesar 0,781 menunjukan korelasi kuat antara kedua variabel. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman konsep aljabar terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal aritmetika sosial karena β1 > 0,05 atau 0,914 > 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji kebaikan model dapat dilihat nilai R bernilai 0,781 dan R Square bernilai 0,609, kebaikan model ini jika semakin mendekati 1 maka variabel X memberikan kontribusi yang besar kepada variabel Y, dari R square yang bernilai 0,609 atau 60% ini menunjukkan nilai yang sangat mendekati 1 berarti variabel X ini memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap variabel Y
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 17 Mar 2017 05:22 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 02:57 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/982 |
Actions (login required)
View Item |