Siti Rostiana, (2022) IMPLEMENTASI AKAD MUDHARABAH MUTLAQAH SERTA PENGELOLAAN DANA PADA PRODUK TABUNGAN BTN HAJI DAN UMROH IB DI MASA PANDEMI COVID-19. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Bank BTN Syariah KCPS Cirebon ini menerapkan akad Mudharabah Muthlaqah serta pengelolaan dana pada produk tabungan haji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di bank BTN Syariah KCS Cirebon. Laporan ini bersifat deskriptif, yaitu sebuah penelitian yang memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu menggunakan data atau keterangan yang diperoleh secara langsung dari sumber dimana penelitian berlangsung. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan sistem bagi hasil yang telah diterapkan oleh bank BTN Syariah KCS Cirebon, mengacu pada prinsip bagi hasil (revenue sharing) yang artinya bank BTN Syariah memperoleh pendapatan dari debitur dan bank langsung mendistribusikan kepada pemilik modal (shohibul maal). Bagi hasil yang telah disepakati bersama kemudian dipotong biaya-biaya operasional dan dibagikan kepada nasabah sesuai dengan kesepakatan dengan nisbah bagi hasil nasabah 8% dan Bank 92 %., adapun pengelolaan dananya menurut Ifa Hanifah Pengelolaan dana haji yang saat ini dilakukan oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh adalah melalui deposito bank syariah, bank konvensional dan sukuk. Nilai manfaat dari simpanan tersebut dikelola oleh Dana abadi Umat yang diperuntukkan untuk biaya operasional penyelenggaraan haji. Kini pada tahun 2021 Bank BTN syariah kembali mendapat amanat dari Badan Penerima Keuangan Haji (BPKH) sebagai Bank penerima setoran biaya penyelenggaraan ibadah Haji untuk periode juli 2021 hingga juni 2024, ada pun kendala yang di hadapi oleh nasabah Tabungan Haji saat ini adalah karna adanya wabah covid-19 yang terjadi diawal tahun 2019, Pelaksana tugas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) berharap adanya peningkatan layanan haji dan umrah di Tahun 2021, merebaknya pandemi telah dimanfaatkan untuk melakukan proses evaluasi, mitigasi, sekaligus menggugah motivasi untuk menjadi lebih baik lagi, khususnya dalam hal pelayanan haji dan umrah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tabungan Haji dan Umrah, Muhdharabah mutlaqah, Pengelolaan dana, Covid-19 |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 06:27 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 06:27 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9824 |
Actions (login required)
View Item |