Model pengawasan terpadu Sekolah dan Orangtua untuk meningkatkan keberagamaan siswa di Kelas 6 SDN 1 Lungbenda Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon

Utarja, (2022) Model pengawasan terpadu Sekolah dan Orangtua untuk meningkatkan keberagamaan siswa di Kelas 6 SDN 1 Lungbenda Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon. Masters thesis, S2 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I Keberagaam fix edit.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V keberagamaan edit.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (965kB) | Preview

Abstract

Peran serta pengawasan orang tua dalam meningkatkan keberagamaan anak-anak sangat penting. Perkembangan agama dan keberagamaan yang dimiliki oleh anak anak pastinya tidak akan sama dengan mereka yang sudah usia remaja, terlebih dengan yang sudah berusia dewasa ataupun tua. Seperti anak-anak mudah mengidolakan pablik pigur yang terkenal, tanpa mempertimbangkan perilakunya, akhlaknya, dan ketaqwaanya. Aspek intelektual juga, pada usia anak-anak yang masih mudah dipengaruhi oleh faham apapun. Bisa jadi mereka justru lepas dari keberagamaan yang hanif(lurus). Dengan begitu perkembangan keberagamaan peserta didik menjadi terhambat. Keadaan seperti ini menjadi keprihatin orang tua dan guru sebagai pendidik. Maka jadi hal yang urgen bila orang tua dan sekolah melakukan pengawasan keberagamaan anak-anak (peserta didik), seperti yang dilakukan SD Negeri 1 Lungenda Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon dalam meningkatkan keberagamaan peserta didiknya mereka melakukan kolaborasi pengawasan antara orang tua dan sekolah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan di lapangan (field research). Adapun Tekhnik pengumpulan data melalui; observasi sebanyak 3 pertemuan, wawancara dan dokumentasi. Untuk tekhnik analisis data, penelitian melakukan empat tahapan yaitu; reduksi data yang meliputi pengumpulan data yang sesuai dengan penelitian, penyajian data yang meliputi kegiatan memilah data yang sesuai dengan fokus masalah, verifikasi data yaitu mengklasifikation data yang sesuai dengan fokus penelitian dan penarikan kesimpulan berdasarkan fokus masalah yang sesuai dengan penelitian serta untuk keabsahan data peneliti menggunakan tekhnik triangulasi data. Dari penelitian yang telah dilakukan maka penulis menyimpulkan Model pengawasan orangtua dan sekolah di SD Negeri 1 lungbenda Kecamatan palimanan kabupaten Cirebon dalam meningkatkan keberagamaan peserta didiknya adalah sebagai berikut : a) monitoring Aktifitas keberagamaan peserta didik oleh Sekolah; b) komunikasi orangtua dan sekolah, komunikasi yang dilakukan berupa : mengadakan pertemuan rutin antara manjemen sekolah dengan para orang tua, membuat group Whatsapp orantua tua dan para wali kelas, konseling dengan wali kelas saat pembagian rapot, Home Visit dan buku penghubung; c) Pengawasan orang tua dalam menguatkan sikap keagamaan siswa kelas 6 di SD Negeri 1 Lungbenda cukup baik. Pengawasan orang tua selalu memperhatikan semua sikap keagaman anak dalam kehidupan sehari-hari. Dampak Pengawasan terpadu orang tua dan sekolah untuk meningkatkan keberagamaan siswa adalah dampak yang paling bisa dilihat dari pengawasan aktifitas keagamaan siswa adalah sikap keberagamaan. Dalam melakukan model pengawasan ini sekolah dan orangtua juga mengalami hambatan terutama ketertarikan anak terhadap gadget menjadi hambatan utama yang dihadapi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:11
Last Modified: 22 Feb 2023 01:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9878

Actions (login required)

View Item View Item