IMPLEMENTASI KNOWLEDGE MANAGEMENT DENGAN MODEL SOCIALIZATION, EXTERNALIZATION, COMBINATION DAN INTERNALIZATION (SECI) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMK NU KELAUTAN KAPLONGAN – INDRAMAYU

Yesita Komalasari, (2022) IMPLEMENTASI KNOWLEDGE MANAGEMENT DENGAN MODEL SOCIALIZATION, EXTERNALIZATION, COMBINATION DAN INTERNALIZATION (SECI) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMK NU KELAUTAN KAPLONGAN – INDRAMAYU. Masters thesis, S2 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. Cover - Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (995kB) | Preview

Abstract

Guru berkualitas dalam menjalankan fungsi utamanya melakukan pembelajaran merupakan faktor penting dalam keberhasilan pendidikan. Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan kinerja guru telah dilaksanakan dalam bentuk program sertifikasi dengan cara melaksanakan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang berlangsung sampai sekarang ini. Namun peningkatan mutu keilmuan guru masih perlu ada peningkatan, memperhatikan masalah tersebut perlu upaya untuk meningkatkan kinerja guru melalui pemikiran terobosan atau pendekatan non-tradisional. Knowledge Management memberikan alternative peningkatan kualitas guru dengan meningkatkan pengetahuan mereka melalui siklus Knowledge Management. Penelitian ini membahas tentang Siklus Knowledge Management (Discovering, Capturing, Sharing dan Aplicating), kendala yang dihadapi dan solusi penerapan Knowledge Management di SMK NU Kelautan Kaplongan Indramayu. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus tunggal, lokasi penelitian berada di SMK NU Kelautan Kaplongan Indramayu. pengumpulan data dilaksanakan dengan mengadakan (1) wawancara mendalam, (2) Observasi, (3) Studi dokumentasi (4) Studi Kepustakaan. Temuan yang diperoleh sebagai hasil penelitian ini meliputi (1) Knowledge Management merupakan proses pembelajaran yang efektif bagi para guru melalui kegiatan memperoleh, menyimpan, berbagi dan memanfaatkan pengetahuan baik dalam bentuk laten atau eksplisit dengan memanfaatkan teknologi dan lingkungan budaya untuk membangun pengetahuan atau memori sekolah. (2) siklus Knowledge Management dibuat lebih sederhana disesuaikan dengan kondisi sekolah yang meliputi tahapan memperoleh, menyimpan, berbagi dan memanfaatkan pengetahuan, (3) solusi yang ditawarkan dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam menerapkan knowledge management dengan SECI Model dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMK NU Kelautan Kaplongan Indramayu.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Knowledge Management, Tacit Knowledge, Explicit Knowledge, Strategi Manajemen Pendidikan, Profesionalisme Guru
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:24
Last Modified: 22 Feb 2023 01:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9879

Actions (login required)

View Item View Item