PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH DENGAN MERGER SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survey Pada Bank Syariah Indonesia Area Cirebon)

Harsaid Yusuf Bakhtiar, (2022) PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH DENGAN MERGER SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survey Pada Bank Syariah Indonesia Area Cirebon). Masters thesis, S2 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Industri perbankan Syariah memiliki karakteristik produk dan akad transaksi yang relatif relatif sama, yang membedakan antara perbankan Syariah satu dengan yang lainnya yaitu dari segi layanan kepada nasabah, sehingga nasabah merasa nyaman dalam bertransaksi keuangan. Memberikan kualitas layanan berarti memberikan layanan sesuai dengan harapan pelanggan secara konsisten. Dengan dilakukannya merger 3 bank syariah menjadi satu entitas baru diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan, mempengaruhi tingkat kepuasan nasabah, yang implikasinya terhadap loyalitas nasabah untuk melakukan transaksi keuangannya melalui bank Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan data primer, menggunakan kuesioner yang diisi oleh nasabah di PT Bank Syariah Indonesia, Tbk Area Cirebon, dan data sekunder yang merupakan data company profile, struktur organisasi, data merger, dan data lainnya yang berkaitan dengan PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. Penelitian menggunakan pendekatan desain kausal karena menjelaskan pengaruh hubungan antara beberapa variabel dan melalui pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa H1 yaitu kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia Area Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien yang diperoleh sebesar 0,917 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). H2 yaitu Kepuasan nasabah berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia Area Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien yang diperoleh sebesar 0,228 dan nilai signifikansi sebesar 0,045 (p<0,05). H3 yaitu Merger yang dilakukan Bank Syariah tidak menjadi faktor yang memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia Area Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,182 (p>0,05). H4 yaitu Merger yang dilakukan Bank Syariah menjadi faktor yang memediasi pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia Area Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,035 (p<0,05).

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Kepuasan, Merger, Loyalitas
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:22
Last Modified: 22 Feb 2023 02:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9890

Actions (login required)

View Item View Item