STHEFANI ADHITYA, (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI ( Team Assisted Individualization) TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII SEMESTER II PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGI EMPAT DI SMP NEGERI 4 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127350067_STHEFANI ADHITYA__ok.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
STHEFANI ADHITYA : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII Semester II Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Di SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Pembelajaran yang biasanya berlangsung menggunakan model pembelajaran konvensional yang menekankan pada guru yang hanya memberikan materi dan tugas-tugas saja. Pembelajaran yang menggunakan konvensional salah satunya model pembelajaran langsung biasanya ditandai dengan minimnya siswa aktif dalam proses pembelajaran matematika dikelas. Hal tersebut siswa cenderung pasif dan keterampilan berfikir kreatifnya rendah. Untuk itu perlu adanya inovasi dan variasi model pembelajaran matematika supaya siswa lebih kreatif dan aktif dan lebih termotivasi untuk mempelajari matematika. Salah satunya yaitu dengan menerapkan salah satu model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) yang memungkinkan dapat mengatasi masalah-masalah dalam pembelajaran matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik penilaian siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada pokok bahasan segi empat, seberapa tinggi keterampilan berfikir kreatif matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Cirebon, dan adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap keterampilan berfikir kreatif matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Salah satu yang dapat meminimalisir kesukaran dalam pembelajaran yaitu salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe (Team Assisted Individualization) , agar siswa dapat belajar mandiri untuk mencari bahan ajar selain yang diberikan oleh guru khususnya pada pelajaran matematika. Disamping itu, Dalam mempelajari matematika kemampuan menyelesaikan atau memecahkan suatu masalah dalam matematika memerlukan kemampuan keterampilan berfikir kreatif matematis, sehingga siswa dapat membuktikan suatu soal dalam matematika yang membutuhkan kreativitas siswa dalam mencantumkan ide atau gagasan yang bermacam- macam solusi pemecahan masalah matematika. Maka dari itu, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe (Team Assisted Individualization) seharusnya berpengaruh terhadap kemampuan keterampilan berfikir kreatif nya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII E dan VII F SMP Negeri 4 Kota Cirebon yang berjumlah 85 siswa. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling sehingga diperoleh kelas E sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 17 Mar 2017 06:39 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 02:26 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/991 |
Actions (login required)
View Item |