PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PADA PENGGUNAAN METODE INKUIRI DENGAN EKSPOSITORI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

MUHAMMAD TOTONI, (2012) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PADA PENGGUNAAN METODE INKUIRI DENGAN EKSPOSITORI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350072_MUHAMMAD TOTONI__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

MUHAMMAD TOTONI, Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematika Pada Penggunaan Metode Inkuiri dengan Ekspositori Dalam Pembelajaran Matematika Kemampuan penalaran adalah salah satu kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran matematika. Kemampuan penalaran juga mempunyai peranan penting dalam pembelajaran matematika, karena kemampuan penalaran adalah fundamental untuk mengetahui dan mengerjakan matematika. Tetapi dalam kenyataan kebanyakan siswa mempunyai kemampuan penalaran yang lemah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa yaitu guru menggunakan metode inkuiri dan metode ekspositori. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan dari pengunaan metode inkuiri dengan ekspositori dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan penalaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yaitu eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel observed yaitu kemampuan penalaran matematika dan variabel perlakuan yaitu metode inkuiri dan metode ekspositori. Subyek dalam penelitian ini adalah 60 siswa. Subyek tersebut dipilih berdasarkan nilai akhir hasil belajar matematika, hasil belajar tersebut kemudian diolah untuk dilihat varians dan homogenitasnya. Kelompok 1 (kelas VIII B) yang menggunakan metode inkuiri dengan jumlah siswa 30 dan kelompok 2 (kelas VIII C) yang menggunakan metode ekspositori dengan jumlah siswa 30. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis komparasi. Sebelum menganalisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu menguji normalitas dan homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji statistik parametric yaitu uji t dua sampel saling bebas dan regresi variabel dumy. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematika yang cukup signifikan antara yang menggunakan metode ekspositori dengan yang menggunakan metode inkuiri. Peningkatan kemampuan penalaran matematika yang menggunakan metode pembelajaran inkuiri lebih baik dengan nilai rata-rata 0,359 dibandingkan dengan yang menggunakan metode ekspositori dengan nilai rata-rata 0,269. Kata kunci : Kemampuan penalaran matematika, Metode Inkuiri, Metode ekspositori

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 07:00
Last Modified: 07 Jun 2017 03:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item