Danar Nasehuddin, (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI MTsN 5 KUNINGAN. Masters thesis, S2 MPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1 COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (770kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Bagaimana implementasi manajemen pendidikan kepala madrasah di MTsN 5 Kuningan?, 2) Bagaimana implementasi program kerja kepala madrasah terhadap peningkatan kompetensi guru di MTsN 5 Kuningan?, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi program kerja kepala madrasah dalam peningkatan kompetensi guru di MTsN 5 Kuningan? Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan melalu pendekatan tersebut, peneliti akan mampu mendeskripsikan kenyataan secara benar berdasarkan analisa data-data yang diperoleh. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha mengungkap implementasi manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di MTsN 5 Kuningan sebagaimana adanya yang terjadi di lapangan, serta berusaha menghindarkan dari pandangan subyektifitas peneliti. Adapun data yang diteliti dan dilaporkan dalam tesis ini meruupakan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Implementasi manajemen kepala madrasah di MTsN 5 Kuningan terbagi atas 6 (enam) bidang manajemen, diantaranya: manajemen kesiswaan, manajemen kurikulum, manajemen pembiayaan, manajemen personalia tata usaha, manajemen sarana dan prasarana, dan manajemen hubungan masyarakat. 2) Implementasi program kerja kepala madrasah dalam peningkatan kompetensi guru di MTsN 5 Kuningan dirumuskan melalui beberapa strategi, diantaranya: peningkatan kompetensi, penyediaan fasilitas penunjang, supervisi, membangun hubungan baik dengan masyarakat, serta disiplin kerja dan administrasi. Kompetensi yang ditingkatkan yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi kepemimpinan keagamaan. 3) Faktor pendukung dan penghambat peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di MTsN 5 kuningan. Faktor penghambat: a) permasalahan pendanaan atau biaya operasional. b) kualitas sumber daya manusia (SDM) peserta didik. c) peran orang tua yang masih rendah dalam kepribadian peserta didik. Faktor Pendukung: a) Adanya peraturan yang mengatur secara jelas dari pemerintah. b) Tercukupinya jumlah sumber daya manusia (SDM) pendidik dan tenaga kependidikan di madrasah. c) Banyak pihak yang membantu dalam proses pelaksanaannya, baik pemerintah maupun swasta.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Perencanaan, Kepala Madrasah, Kompetensi, Guru |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 02:39 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 02:39 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9985 |
Actions (login required)
View Item |