STRATEGI NAFKAH RUMAH TANGGA PETANI PADI DALAM MENJAGA KETAHANAN EKONOMI (Studi Kasus di Desa Windujaya Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon)

Maya Fitri Aeni, (2023) STRATEGI NAFKAH RUMAH TANGGA PETANI PADI DALAM MENJAGA KETAHANAN EKONOMI (Studi Kasus di Desa Windujaya Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 PMI.

[img] Text
1708305022_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1708305022_2_bab1.pdf

Download (494kB)
[img] Text
1708305022_6_bab5.pdf

Download (173kB)
[img] Text
1708305022_7_dafpus.pdf

Download (171kB)
Official URL: http://web.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Informan pada penelitian ini adalah rumah tangga petani padi di Desa Windujaya Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon. Pemilihan informan rumah tangga petani padi dilakukan oleh peneliti dengan jumlah 30 informan rumah tangga. Permasalahan peneliti ini, membahas tentang karakteristik rumah tangga petani yang meliputi umur, tingkat pendidikan, jumlah anggota keluarga, dan pengalaman bertani. Dan strategi nafkah yang diterapkan oleh rumah tangga petani yaitu intensifikasi lahan yang meliputi on farm dan off farm, strategi nafkah diversifikasi nafkah dan migrasi. Faktor-faktor yang dihadapi oleh rumah tangga petani dalam melakukan strategi nafkah yaitu modal, akses modal nafkah yang harus diketahui oleh rumah tangga petani yaitu modal alam, modal manusia, modal fisik, modal finansial, dan modal sosial. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan melalui proses observasi dan wawancara yang bertujuan untuk mendapatkan data yang akurat, agar segala tujuan dalam peneliti ini terjawab dengan baik. Hasil penelitian ini peneliti dapat disimpulkan bahwa dalam melakukan usahatani sangat penting untuk melakukan strategi nafkah yang harus diterapkan oleh rumah tangga petani. Strategi nafkah yang diterapkan oleh rumah tangga petani yang paling dominan selain non pertanian yaitu melakukan strategi off farm sebagai buruh tani, dan melakukan strategi migrasi. Faktor-faktor strategi nafkah yang paling dominan yang harus dimiliki oleh rumah tangga petani adalah modal finansial dan modal manusia. Hal tersebut mampu meningkatkan ketahanan ekonomi untuk keluarga.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi Nafkah, Rumah Tangga Petani
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:16
Last Modified: 14 Mar 2023 07:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10010

Actions (login required)

View Item View Item