IMPLEMENTASI METODE IQRO’ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI USIA 12-15 TAHUN DI PONDOK PESANTREN AL-ANWARIYAH DESA TEGALGUBUG LOR KECAMATAN ARJAWINANGUN KABUPATEN CIREBON TAHUN 2015

MOH. SYUKRAN, (2015) IMPLEMENTASI METODE IQRO’ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI USIA 12-15 TAHUN DI PONDOK PESANTREN AL-ANWARIYAH DESA TEGALGUBUG LOR KECAMATAN ARJAWINANGUN KABUPATEN CIREBON TAHUN 2015. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Moh. Syukran (WM BLM)-min.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Moh. Syukran (WM BLM)-min.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

MOH. SYUKRON 14111110068 IMPLEMENTASI METODE IQRO’ TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN SANTRI USIA 12-15 TAHUN DI PONDOK PESANTREN AL-ANWARIYAH DESA TEGALGUBUG LOR KECAMATAN ARJAWINANGUN KABUPATEN CIREBON TAHUN 2015 Mengenalkan Al-Qur`an sejak dini merupakan langkah yang utama dan pertama sebelum pembelajaran lainnya. Bagi setiap keluarga muslim menanamkan nilai-nilai Al-Qur`an dalam rumah tangga sudah menjadi komitmen yang universal, sehingga terdapat waktu yang khusus untuk mengajar Al-Qur`an baik dilakukan orang tua sendiri atau pun di lembaga-lembaga pengajian yang ada di sekitar. Untuk memperoleh data mengenai hasil-hasil peningkatan kemampuan membaca Al-Qur`an melalui metode Iqro’dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an santri usia 12-15 tahun, di Pondok Pesantren Al-Anwariyah Desa Tegalgubug Lor Kecamatan Arjawinangun Cirebon. Al-Qur`an adalah pedoman dan tuntunan hidup umat manusia baiksebagai individu maupun sebagai umat.Al-Qur`an adalah mu`jizat Nabi Muhammad yang bersifat abadi Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini diantaranya yaitu: Pengumpulan data secara teoritik atau empirik,populasi dan sample serta dengan teknik wawancara,angket dan observasi. Pengaruh penerapan metode Iqro’ yang dilakukan dalam memberikan peningkatan kemampuan tentang baca Al-Qur’an santri usia 12 – 15 tahun adalah sebesar rxy = -1,920. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hubungan ustadz dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dan hasilnya bagi kemampuan baca Al-Qur’an anak usia 12 – 15 tahun, berada pada tingkat korelasi sedang yang artinya usaha ustadz memberikan kontribusi dan pengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Quran santri berhasil baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 06:23
Last Modified: 10 May 2017 06:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2822

Actions (login required)

View Item View Item