PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA MA ISLAMIC CENTRE CIREBON

PRIYATI, (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA MA ISLAMIC CENTRE CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
PRIYATI 14111520092 (WM BLM).pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

“Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tematik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa MA Islamic Centre Cirebon” Keberhasilan siswa dalam belajar matematika dapat di ukur dari proses pembelajarannya. Dengan belajar matematika diharapkan para siswa dapat meningatkan kemampuan berpikirnya yang termasuk di dalamnya kemampuan bernalar, memecahkan masalah, berkomunikasi, dan memiliki sikap menghargai kegunaan matematika. Namun dalam kenyataannya dapat dilihat dari segi prestasi siswa dalam belajar matematika yang diperoleh siswa masih tergolong rendah karena pembelajarannya masih terpusat kepada guru, karena metode yang diterapkan guru matematika dalam pembelajarannya masih menggunakan metode konvensional. Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran tematik dalam pembelajaran matematika, 2) untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan komposisi dua fungsi dan fungsi invers, 3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran tematik dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan penalaran siswa. Penerapan model pembelajaran tematik dalam pembelajaran matematika diharapkan dapat memberi pengaruh terhadap kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika yang sekaligus meningkatkan prestasi belajar siswa, apa yang menjadi harapan guru-guru dan siswa itu tercapai. Berdasarkan hasil penelitian, persamaan regresinya , nilai koefisien regresi bernilai positif yaitu 0,714. Hal ini dapat diartikan sebagai respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran tematik yang semakin baik akan meningkatkan kemampuan penalaran siswa. Angka R Square sebesar 0,151. Dalam hal ini berarti tinggi rendahnya kemampuan penalaran siswa dipengaruhi oleh tinggi rendahnya respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran tematik sebesar 15,1%. Penerapan model pembelajaran tematik dalam pembelajaran matematika dapat dilihat dari hasil uji signifikansi koefisien regresi yang menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,007 < 0,05, maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran tematik dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan penalaran siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:29
Last Modified: 05 Jun 2017 07:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2995

Actions (login required)

View Item View Item