PRIYATI, (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA MA ISLAMIC CENTRE CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.
|
Text
PRIYATI 14111520092 (WM BLM).pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
“Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tematik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa MA Islamic Centre Cirebon” Keberhasilan siswa dalam belajar matematika dapat di ukur dari proses pembelajarannya. Dengan belajar matematika diharapkan para siswa dapat meningatkan kemampuan berpikirnya yang termasuk di dalamnya kemampuan bernalar, memecahkan masalah, berkomunikasi, dan memiliki sikap menghargai kegunaan matematika. Namun dalam kenyataannya dapat dilihat dari segi prestasi siswa dalam belajar matematika yang diperoleh siswa masih tergolong rendah karena pembelajarannya masih terpusat kepada guru, karena metode yang diterapkan guru matematika dalam pembelajarannya masih menggunakan metode konvensional. Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran tematik dalam pembelajaran matematika, 2) untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan komposisi dua fungsi dan fungsi invers, 3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran tematik dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan penalaran siswa. Penerapan model pembelajaran tematik dalam pembelajaran matematika diharapkan dapat memberi pengaruh terhadap kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika yang sekaligus meningkatkan prestasi belajar siswa, apa yang menjadi harapan guru-guru dan siswa itu tercapai. Berdasarkan hasil penelitian, persamaan regresinya , nilai koefisien regresi bernilai positif yaitu 0,714. Hal ini dapat diartikan sebagai respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran tematik yang semakin baik akan meningkatkan kemampuan penalaran siswa. Angka R Square sebesar 0,151. Dalam hal ini berarti tinggi rendahnya kemampuan penalaran siswa dipengaruhi oleh tinggi rendahnya respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran tematik sebesar 15,1%. Penerapan model pembelajaran tematik dalam pembelajaran matematika dapat dilihat dari hasil uji signifikansi koefisien regresi yang menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,007 < 0,05, maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran tematik dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan penalaran siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 07:29 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 07:29 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2995 |
Actions (login required)
View Item |