PERAN PUSAT KESEJAHTERAAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN LAYANAN BAGI KELUARGA MISKIN DI DESA DAWUAN KEC. TENGAH TANI KAB. CIREBON

Muhammad Sidiq, (2021) PERAN PUSAT KESEJAHTERAAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN LAYANAN BAGI KELUARGA MISKIN DI DESA DAWUAN KEC. TENGAH TANI KAB. CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB) | Preview
Official URL: http://web.syekhnurjati.ac.id

Abstract

ABSTRAK Muhammad Sidiq, NIM 1608305016 “Peran Pusat Kesejahteraan Sosial Dalam Meningkatkan Layanan Bagi Keluarga Miskin Di Desa Dawuan Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon” Banyaknya jumlah masyarakat miskin dan rentan miskin serta PMKS sehingga perlu diatasi dan ditekan untuk mengembangkan Desa Dawuan agar menjadi Desa yang Sejahtera Mandiri. Peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Dawuan telah didukung dengan keberadaan Puskesos untuk memfasilitasi pelayanan bagi masyarakat dalam perolehan hak dan bantuan program untuk meningkatkan kesejahteraan sosialnya seperti pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan dasar lainya. Hadirnya Puskesos diharapkan merubah pelayanan yang awalnya rumit, prosesnya lama, menjadi cepat dan mudah dengan sistem aplikasi secara online, dengan menerapkan Sistem Layanan Rujukan dan Terpadu. Melalui Puskesos ini pula masyarakat tidak perlu lagi datang ke Kantor Kecamatan maupun dinas terkait, cukup diurus di Kantor Desa. Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pemberian layanan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan secara gratis dan praktis, transparan, mudah diakses,pelayanan yang cepat serta didukung dan diapresiasi oleh masyarakat. Sehingga siap melayani untuk masyarakat tanpa repot dengan urusan birokrasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kordinator puskesos, kepala desa, tksk dan masyarakat penerima manfaat. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian dibantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Tringulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Kehadiran Pusat Kesejahteraan Sosial atau Puskesos sangat membantu khususnya untuk memudahkan warga miskin dan rentan yang ada di wilayah tersebut mengidentifikasi kebutuhan mereka untuk dihubungkan dengan program dan layanan yang ada di Pemerintah desa sampai Pusat. Mereka juga bisa dengan cepat mengidentifikasi keluhan atas program dan layanan yang mereka terima dan memastikan bahwa keluhan – keluhan mereka tertangani dengan baik. 2) Kendala yang dikeluhkan oleh Pusat Kesejahteraan Sosial atau Puskesos adalah Sumberdaya Manusia (SDM), Keberadaan Puskesos yang masih di salah tafsirkan oleh masyarakat karena beranggapan bahwa Puskesos adalah lembaga yang memberikan program padahal Tupoksinya sebagai pengupdate data penerima manfaat. 3) Untuk upaya peningkatan, Puskesos akan terus memperbaiki Data penerima manfaat juga akan terus bersosialisasi agar masysrakat memahai wilayah kerja Puuskesos dan terus berkordinasi kepada stakeholder untuk duduk bersama menyamakan persepsi atas kendala yang dihadapi dan mencari soslusi bersama dengan tujuan yang sama Kata Kunci: Kesejahteraan Sosial, Pelayanan Sosial, Keluarga Miskin, Kebijakan Sosial

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:13
Last Modified: 27 Aug 2021 04:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5032

Actions (login required)

View Item View Item