EFEKTIVITAS MODEL PEERCOUNSELING DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH SWASTAAGAMA ISLAM MERTAPADA TAHUN AJARAN 2020-2021.

Faisal Khotirudin, (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEERCOUNSELING DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH SWASTAAGAMA ISLAM MERTAPADA TAHUN AJARAN 2020-2021. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Faisal Khotirudin. NIM 1608306060. EFEKTIVITAS MODEL PEERCOUNSELING DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH SWASTAAGAMA ISLAM MERTAPADA TAHUN AJARAN 2020-2021. Siswa kelas XI yang notabene dalam masa remaja yang merupakan salah satu tahap perkembangan manusia yang terletak di antara masa kanak-kanak dan masa dewasa. Pada masa remaja mengalami gejolak perubahan, baik perubahan biologis, kognitif, dan sosio-emosional. Salah satu perubahan yang banyak tampak adalah dalam cara remaja mengevaluasi diri remaja sendiri. Cara seseorang menilai dirinya tersebut disebut sebagai self-esteem . Harga diri (selfesteem ) adalah suatu kemampuan individu dalam melakukan penilaian, penghargaan, dan penerimaan terhadap diri sendiri mengenai baik dan buruknya serta mengenali aspek dan mengembangkan seluruh aspek yang ada dalam dirinya. Harga diri rendah akan menyulitkan siswa dalam berbagai aktivitas, pengembangan diri dan interaksi sosial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah peer counseling (konseling sebaya) efektif untuk mengetahui tingkat self –esteem (penghargaan diri) siswa kelas XI Madrasah Aliyah Agama Islam Mertapada. Dengan tujuan tersebut maka rumusan masalah yang diperoleh peneliti adalah bagaimana gambaran self-esteem pada siswa, bagaimana rancangan program intervensi yang akan diberikan yaitu peer-counseling, dab bagaimana efektivitas dari program peer-counseling dalam membantu meningkatkan self-esteem siswa. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental dan desain penelitian One Group Pretest and Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Agama Islam Mertapada yang memiliki tingkat penghargaan diri rendah yang berjumlah 12 siswa, yang kemudian diberikan angket harga diri yang telah diuji validitas, keseluruhan siswa tersebut berada pada kategori harga diri rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatan penghargaan diri siswa setelah melaksanakan konseling sebaya untuk meningkatkan penghargaan diri dengan diperoleh hasil dengan dibandingkan antara ttabel dengan nilai thitung, dan nilai thitung lebih besar dari ttabel, (41,833<2,228). Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling sebaya dapat meningkatkan rasa keberhargaan diri peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Agama Islam Mertapada dinilai cukup efektif dengan peningkatan sebesar 76%. Kata Kunci : Konseling Sebaya, Penghargaan Diri, Siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:16
Last Modified: 14 Sep 2021 00:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5292

Actions (login required)

View Item View Item