Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Pengguna Shopee Di FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Siti Komalasari, (2022) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Pengguna Shopee Di FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN - DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-1.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V-1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (234kB) | Preview
Official URL: http://web.syekhnurjati.ac.id

Abstract

SITI KOMALASARI. NIM 1808204033, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PENGGUNA SHOPEE DI FSEI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON”, 2022. Perilaku konsumtif merupakan suatu tindakan mengonsumsi barang atau jasa secara berlebihan tanpa adanya pertimbangan rasional. Perkembangan teknologi digital sangat mempengaruhi kehidupan manusia salah satunya dalam memenuhi kebutuhan. Dengan perkembangnya teknologi digital banyak e-commerce yang bermunculan salah satunya Shopee. Dengan adanya Shopee masyarakat tidak terkecuali mahasiswa semakin mudah dalam membeli barang yang mereka butuhkan, namun dengan adanya kemudahan tersebut dapat menimbulkan dampak yang tidak baik yaitu dapat mengakibatkan perilaku konsumtif. Adapun faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif dapat berasal dari internal maupun eksternal individu. Faktor internal seperti psikologi dan pribadi. Sedangkan faktor eksternal seperti iklan ,konformitas, kelas sosial, budaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah iklan, konformitas dan kelas sosial berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa pengguna Shopee di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pengguna Shopee di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3.203 mahasiswa. Jumlah sampel penelitian ini adalah 355 mahasiswa dengan menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 5%. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 25. Adapun hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara iklan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa pengguna Shopee di FSEI, dengan nilai thitung sebesar 3,085 yang bernilai positif dan nilai signifikasi 0,002 < 0,05. Terdapat pengaruh antara konformitas terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa pengguna Shopee di FSEI, dengan nilai thitung sebesar 14,165 yang bernilai positif dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh kelas sosial terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa pengguna Shopee di FSEI, dengan nilai thitung sebesar 2,730 yang bernilai positif dan nilai signifikasi 0,007 < 0,05. Terdapat pengaruh secara simultan antara iklan, konformitas dan kelas sosial terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa pengguna Shopee di FSEI, dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 135,454 > 2,630274, dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga besar pengaruhnya sebesar 53,5% sisanya yaitu 46,5% ditentukan oleh variabel lain diluar model penelitian ini. Kata Kunci: Iklan, Konformitas, Kelas Sosial dan Perilaku Konsumtif

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:05
Last Modified: 09 Aug 2022 08:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7827

Actions (login required)

View Item View Item