PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Ira Nur'azizah, (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Permasalahan di dunia pendidikan salah satunya adalah rendahnya hasil belajar siswa. Banyak siswa yang masih rendah dalam memahami materi sehingga hasil belajar tidak tuntas atau tidak memuaskan. Model pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Edmodo mendorong kerja kelompok secara kooperatif melalui alat komunikasi yang telah Edmodo sediakan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk : (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan edmodo untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan edmodo pada materi sistem ekskresi. (3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan edmodo untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMAN 1 Jamblang dengan sampel sebanyak 34 siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan model pretest-posttest group design dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Penerapan pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan edmodo dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan edmodo dan kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan edmodo. Rata-rata nilai N-Gain kelas yang menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan edmodo sebesar 0,64 dan rata-rata N-Gain kelas yang tidak yang menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan edmodo sebesar 0,28; (3) Presentase rata-rata angket respon siswa secara keseluruhan mendapat respon positif dari siswa sebesar 75,84 % dengan kategori kuat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Edmodo, Hasil Belajar, Sistem Ekskresi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:15
Last Modified: 07 Dec 2022 08:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8561

Actions (login required)

View Item View Item