PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI MTS NURUL HUDA

Winda Nurul Azizah, (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI MTS NURUL HUDA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran khususnya dalam pelajaran matematika. Diketahui juga bahwa proses pembelajaran yang dilakukan di kelas masih belum diajarkan dengan optimal khususnya kerjasama siswa dalam kelas. Sehingga, ketika proses pembelajaran berlangsung, beberapa siswa terlihat kurang antusias terhadap pembelajaran, dan menyebabkan kerjasama siswa antar kelompok itu di dominasi oleh beberapa siswa yang unggul saja. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan tingkat kerjasama siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh dalam penggunaan model Think Pair Share terhadap kemampuan kerjasama siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah pre-experimental, yaitu dengan penelitian dengan satu kelompok pretes-posttes (One Grup Pretes-Posttest Design). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Nurul Huda Timbang, sedangkan sampel penelitian adalah kelas VII.1. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Berdasarkan analisis data respon angket siswa terhadap penerapan model pembelajaran TPS adalah 73% (kategori baik). Sementara itu, analisis skor pretest dan posttest siswa menggunakan uji paired t test, diperoleh nilai signifikansi adalah 0,000. Oleh karena itu, terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest siswa yaitu 42,7 dan 79,53. Selanjutnya, diperoleh nilai n-gain adalah 0,32 (kategori sedang). Setelah itu, peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan rumus product moment, diperoleh hasil nilai signifikansi antara angket dan nilai posttest adalah 0,457 (kategori sedang). Dengan demikian, seluruh data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas VII. Peneliti menyarankan bahwa model pembelajaran TPS adalah salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru dan diperlukan manajemen waktu seefektif mungkin agar setiap langkah dalam pembelajaran TPS dapat dilaksanakan secara baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Kemampuan Kerjasama
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:16
Last Modified: 22 Dec 2022 03:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8875

Actions (login required)

View Item View Item