PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Siswa SMP Negeri I Tengah Tani Kab.Cirebon)

MERLIAN S, (2012) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Siswa SMP Negeri I Tengah Tani Kab.Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350062_MERLIAN SETYOATI__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

MERLIAN S, Pengaruh Aktivitas Belajar Dan Partisipasi Dalam Kegiatan OSIS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Studi SMPN I Tengah Tani Kab. Cirebon) Pembinaan kesiswaan merupakan bimbingan yang dilakukan secara sadar, terencana, teratur, dan terarah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan Pendidikan Nasional. Berdasarkan studi pendahuluan penulis, SMP Negeri I Tengah Tani Kabupaten Cirebon merupakan sekolah yang mengalami banyak kemajuan, terutama kemajuan pada aktivitas belajar dan partisipasi dalam kegiatan OSIS. Dengan demikian, peluang siswa untuk menghasilkan prestasi belajar sangat besar. Akan tetapi dalam kenyataannya, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari dan menyelesaikan soal khususnya matematika, padahal aktivitas belajar dan partisipasi dalam kegiatan OSIS yang baik dan sangat mendukung dalam meningkatkan prestasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Hal ini yang menjadi permasalahan dalam penelitian penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika, seberapa tinggi partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS dalam pembelajaran matematika, seberapa tinggi hasil belajar matematika siswa dalam menyelesaikan soal dan untuk mengetahui besarnya pengaruh aktivitas belajar dan partisipasi dalam kegiatan OSIS terhadap hasil belajar matematika pada pengurus OSIS SMP Negeri I Tengah Tani Kabupaten Cirebon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan metode penelitiannya menggunakan metode expostfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri I Tengah Tani Kabupaten Cirebon, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil pengurus OSIS yaitu kelas VIII SMP Negeri I Tengah Tani Kabpaten Cirebon yang berjumlah 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar, Partisipasi alam kegiatan OSIS dan hasil belajar matematika siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan 0bservasi, angket dan tes. Setelah data diperoleh, kemudian data dianalisis secara deskriptif dan dilakukan pengujian statistik berupa uji regresi. Setelah dilakukan penelitian dan pengolahan data berdasarkan SPSS 15 for windows, maka hasil analisis yang diperoleh dari aktivitas belajar siswa menunjukkan kriteria baik atau sedang, yakni sebesar 77%, dengan rata-rata skor observasi 81,03 dan simpangan baku 7,355. Partisipasi dalam kegiatan OSIS menunjukka kriteria baik atau sedang, yakni sebesar 77,93%, dengan rata-rata skor angket 77,93 dan simpangan baku 7,404. Dan Hasil belajar matematika menunjukkan kriteria cukup tinggi atau sedang, yakni sebesar 78,67%, dengan rata-rata skor tes 78,67 dan simpangan baku 7,420. Pengaruh antara aktivitas belajar siswa dan partisipasi dalam kegiatan OSIS, secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika. Diperoleh koefisien determinasi ganda yaitu sebesar 74,1%. Persamaan regresi linier ganda Ŷ � -0,053 + 0,463X1 + 0,528X2

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 05:38
Last Modified: 06 Jun 2017 06:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/986

Actions (login required)

View Item View Item