Aditia Oktaviyanto, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PUZZLE VENN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127350078_ADITIA OKTAVIYANTO_07450759__ok.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Aditia Oktaviyanto. NIM 07450759 : “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Puzzle Venn Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Studi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 2 Cidahu Kabupaten Kuningan” Fakta berdasarkan hasil dialog awal dengan guru matematika dan studi pendahuluan di SMP Negeri 2 Cidahu Kabupaten Kuningan yang memang menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran di kelas VII masih kurang optimal baik dari segi siswa, guru, maupun media pembelajaran. Guru masih cenderung menggunakan metode ceramah di dalam menyampaikan materi pelajaran khususnya mengenai himpunan tanpa adanya dukungan atau media yang memadai. Hal ini mengakibatkan siswa sebagian merasa jenuh dan kesulitan dalam menerima dan memahami materi yang disampaikan guru. Proses pembelajaran yang kurang optimal tersebut dapat diatasi dengan melakukan inovasi (pembaharuan) pembelajaran dengan memanfaatkan media yang tepat dalam pembelajaran matematika. Dari uraian di atas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan media pembelajaran. Judul dalam penelitian ini adalah Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Puzzle Venn Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Studi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 2 Cidahu Kabupaten Kuningan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang pengaruh dan hasil belajar siswa setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga puzzle venn.. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 2 Cidahu tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 4 kelas dengan 124 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VII-A yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket respon siswa tentang penerapan alat peraga puzzle venn dan tes hasil belajar siswa dengan menggunakan uji statistik analisis regresi. Berdasarkan tabel menunjukkan regresi yang dicari .nilai sig. dari konstan = 0.807 > 0,05 dan nilai sig. variabel X nya sebesar 0.004 < 0,05. Dengan demikian persamaan yang tepat untuk kedua variabel tersebut adalah = 4.782 + 0.964 X. Dari persamaan tersebut jika tanpa penggunaan alat peraga puzzle venn maka hasil belajar siswa sebesar 4.782 dan koefisien regresi sebesar 0.964 menyatakan bahwa setiap penambahan (peningkatan) penggunaan alat peraga puzzle venn akan mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 0.964. dan hasil nilai koefisen determinasi (R Square) sebesar 0,335. Artinya, 33,5% variabel dependen hasil belajar siswa (y) dijelaskan oleh variabel independen penggunaan alat peraga puzzle venn (x), dan sisanya 66,5% (100% - 33,5%) dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan. Sedangkan dari uj hipotesis didapat bahwa thitung > ttabel yaitu 3,690 > 2,056 yang artinya bahwa ada pengaruh penggunaan alat peraga puzzle venn (x) terhadap hasil belajar siswa (y).
[error in script]Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 17 Mar 2017 08:05 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 01:51 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1002 |
Actions (login required)
View Item |