PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU 7 SAWOJAJAR BREBES PADA SUB POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR

IIS SUGIARTI, (2012) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU 7 SAWOJAJAR BREBES PADA SUB POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350094_IIS SUGIARTI__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

IIS SUGIARTI : “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU 7 Sawojajar Brebes pada Sub Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar” Kemampuan komunikasi matematika merupakan salah satu bentuk kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi karena dalam kegiatan pemecahan masalah terangkum kemampuan matematika seperti penemuan pola, penggeneralisasian, dan pemahaman konsep. Metode pembelajaran Problem Solving sesuai diterapkan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa, karena pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Solving merupakan pembelajaran yang memberikan keleluasaan berpikir secara aktif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematika siswa setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Solving. Serta untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 7 Sawojajar Brebes pada sub pokok bangun ruang sisi datar. Metode pembelajaran Problem Solving adalah metode pengajaran yang didesain oleh guru melalui penugasan atau pertanyaan matematika, berupa aktivitas beripikir yang difokuskan pada menemukan masalah, memecahkannya, memilih strategi pemecahannya, dan memproses sampai menemukan penyelesaian dari suatu masalah. Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Solving merangsang pengembangan kemampuan berpikir siswa secara kreatif dan menyeluruh Penelitian ini mengambil populasi kelas VIII MTs Ma’arif NU 7 Sawojajar Brebes, sedangkan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu satu kelas, yaitu kelas VIII D dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil uji hipotesis penelitian ini dapat dilihat pengolahan data yang dilakukan, bahwa terdapat hubungan linier antara metode pembelajaran Problem Solving dengan komunikasi matematika sebesar Ŷ = 1.074 X. Koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara pembelajaran Problem Solving dengan kemampuan komunikasi matematika, semakin tinggi pembelajaran Problem Solving maka semakin meningkat kemampuan komunikasi matematika. Berdasarkan uji statistik didapat bahwa thitung ˃ ttabel yaitu 8,155 ˃ 2,042. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa hasil thitung 8,155 lebih besar dari harga ttabel 2,042, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Solving berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 02:04
Last Modified: 06 Jun 2017 04:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item View Item