PENGARUH PENGGUNAAN MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT (Studi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Rancah Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2011/2012)

GINA RATNA JUWITA, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT (Studi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Rancah Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2011/2012). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350115_GINA RATNA JUWITA_58451066__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

GINA RATNA JUWITA. NIM. 58451066. PENGARUH PENGGUNAAN MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT (Studi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Rancah Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2011/2012). Skrpisi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012. Banyak peserta didik memandang pelajaran matematika sebagai mata pelajaran yang paling sulit dan membosankan, sehingga peserta didik tidak memiliki minat untuk mempelajarinya dan hasil belajarpun menjadi rendah. Selain itu, rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik diakibatkan karena selama ini pembelajaran yang dilakukan guru cenderung masih bersifat konvensional. Dasar dari masalah pada penelitian ini adalah adanya anggapan bahwa jika penggunaan Microsoft PowerPoint dioptimalkan dalam pembelajaran maka akan meningkatkan minat dan hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Microsoft PowerPoint, mengetahui peningkatan minat belajar matematika peserta didik dan mengetahui hasil belajar matematika peserta didik. Dimana tujuan akhirnya adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Microsoft PowerPoint terhadap minat dan hasil belajar matematika peserta didik pada materi segitiga dan segiempat kelas VII SMP Negeri 1 Rancah Kabupaten Ciamis. Secara teoritis terdapat hubungan dan pengaruh antara penggunaan Microsoft PowerPoint dengan minat dan hasil belajar. Keterkaitan tersebut didukung oleh pendapat Nana Sudjana bahwa nilai praktis media pembelajaran adalah media dapat memperbesar minat dan perhatian peserta didik untuk belajar serta media dapat meletakkan dasar untuk perkembangan belajar sehingga hasil belajar bertambah mantap. Media pembelajaran dalam hal ini adalah Microsoft PowerPoint. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Rancah Kabupaten Ciamis. Sampel dalam penelitian diambil satu kelas yaitu kelas VIID dengan jumlah peserta didik 31 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling (secara kelompok). Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel, yaitu Microsoft PowerPoint sebagai variabel bebas dan minat serta hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Microsoft PowerPoint terhadap minat dan hasil belajar matematika peserta didik pada materi segitiga dan segiempat. Pada penelitian ini diperoleh persamaan regresi untuk kedua variabel tersebut adalah Ŷ = 12,312 + 0,615 X. Persamaan tersebut mengandung arti bahwa minat belajar matematika peserta didik (Y) bertambah atau meningkat dengan 0,615 kali penggunaan Microsoft PowerPoint. Hasil belajar matematika pun meningkat, dilihat dari nilai akhir peserta didik di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Selain itu, diperoleh koefisien determinasi sebesar 62,2%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 03:32
Last Modified: 06 Jun 2017 04:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1045

Actions (login required)

View Item View Item