EUIS HERNAWATI, (2012) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) PALIMANAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
EUIS HERNAWATI_07419172__OK.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
EUIS HERNAWATI: Hubungan Kompetensi Sosial Guru PAI dengan Perilaku Sosial Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Palimanan Kabupaten Cirebon. Keberhasilan pembelajaran kepada peserta didik sangat ditentukan oleh guru, karena guru adalah pemimpin pembelajaran, fasilitator, dan sekaligus merupakan pusat inisiatif pembelajaran.Itulah sebabnya, guru harus senantiasa mengembangkan kemampuan dirinya.Untuk dapat memperoleh hasil yang baik dalam suatu rangkaian kegiatan pendidikan dan pembelajaran, seorang guru dituntut untuk memiliki kualifikasi tertentu yang disebut juga kompetensi. Tidak hanya konpetensi pedagogik saja yang harus dimiliki oleh seorang guru, akan tetapi seorang guru juga diharuskan memiliki kompetensi social yang tinggi. Karena guru merupakan cerminan teladan terhadap peserta didik. Oleh karena itu dapat dikataka juga bahwa kompetensi social guru dapat menentukan pembentukan perilaku social peserta didik. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan mutu pendidikan agama siwa, untuk mengetahui perilaku siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Palimanan , dan untuk membuktikan kolerasi antara kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan perilaku siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Palimanan. Pendekatan penelitian yang dilakukan penulis adalah menggunakan pendekatan quantitative yang artinya adalah data yang diperoleh di lapangan kemudian dianalisi dengan menggunakan statistika. Metode yang digunakan penulis adalah teknik pengumpulan data observasi, interview dan penyebaran angket dan stud dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Palimanan Kabupaten Cirebon. Dan sample yang di ambil sebesar 40 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah menggunakan rumus product moment. Dari hasil perhitungan diperoleh rxy sebesar 0,55. Interpretasi kualitatif terhadap nilai rxy yang memperoleh nilai sebesar 0,55 terletak diantara rentang nilai 0,40 – 0,60 berada dalam interpretasi korelasi yang cukup. Jadi kesimpulannya adalah: Terdapat hubungan yang positif sebesar 0,55 antara Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Perilaku Sosial Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI Palimanan Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 05:51 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 03:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1069 |
Actions (login required)
View Item |