Fatwa Tajudin, (2012) PENDIDIKAN ANAK DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN PERSPEKTIF PSIKOLOGI DAN ISLAM. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
FATWA TAJUDIN_50540271___OK.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Fatwa Tajudin : “Pendidikan Anak dalam Pembentukan Kepribadian Perspektif Psikologi dan Islam” Pada masa abad permulaan berdirinya sistem pendidikan klasikal tugas pendidikan adalah mencerdaskan daya pikir intelek manusia dengan melalui mata pelajaran. Akan tetapi sesuai dengan perkembangan tuntutan hidup manusia, maka tugas pendidikan tersebut semakin bertambah dan meluas yaitu disamping mencerdaskan intelek juga mendidik akhlak atau moralitas yang berkembang dari dalam hati. Oleh karena semakin meningkatnya kebutuhan rising demans, maka akhirnya manusia ingin mendidik kecekatan dan keterampilan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan anak terhadap pembentukan kepribadian dalam perspektif Islam. Untuk mengetahui konsep pendidikan anak terhadap pembentukan kepribadian dalam perspektif psikologi. Pendidikan mempunyai peran dalam pembentukan kepribadian, baik dalam perspektif Islam maupun dalam perspektif psikologi. Hal ini yang menyebabkan adanya hubungan antara manusia, pendidikan dan psikologi mempunyai korelasi yang erat, sehingga bagaimana sikap dan perilaku yang sesuai dengan ajaran agama sebagai hasil dari proses pendidikan. Pendidikan dalam wujudnya selalu bertujuan membina kepribadian manusia yang tujuan akhirnya adalah kesempurnaan pribadi. Prinsip ini terutama berpangkal pada sel realisasi yakni merealisasi potensi-potensi yang sudah ada didalam martabat kemanusiaannya. Hasil yang ingin diraih dari semua itu adalah terciptanya manusia yang sehat lagi kuat, penalarannya tajam dan perasaan atau hati nuraninya, berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia. Keberadaan psikologi mempunyai peran penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan, karena dalam kajian psikologi behavioris lebih menitik-beratkan pada aspek tingkah laku manusia. Hal ini memungkinkan adanya hubungan yang erat dan adanya relevansi dengan pendidikan, karena pendidikan itu sendiri hakikatnya adalah untuk merubah tingkah laku manusia. Jadi, yang dimaksud konsep pendidikan terhadap terbentuknya kepribadian sebagai hasil dari proses pendidikan dalam pandangan psikologi behavioris, karena teori ini dalam pembahasannya menitik-beratkan pada aspek tingkah laku manusia sebagai hasil dari proses pendidikan. Metode penelitian ini adalah melalui pendekatan yang berdasarkan pada Library Reseach tentang psikologi kepribadian yang membahas tentang tingkah laku manusia sebagai hasil dari proses pendidikan dan tentang pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 06:07 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 04:19 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1073 |
Actions (login required)
View Item |