PENGARUH PENERAPAN METODE HAFALAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI KARANGKENDAL KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON

IZAH FAIZAH, (2012) PENGARUH PENERAPAN METODE HAFALAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI KARANGKENDAL KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IZAH FAIZAH_07410017__OK.pdf

Download (985kB) | Preview

Abstract

IZAH FAIZAH : PENGARUH PENERAPAN METODE HAFALAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI KARANGKENDAL KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON Penerapan hafalan di Mts Negeri Karangkendal ini sulit dipraktekan. Karena dengan metode hafalan ini siswa ini merasa malas untuk menghafal dan merasa sedikit terpaksa. Apalagi dengan latar belakang siswa yang bukan dari madrasah (MI), merupakan salah satu kendala unutk menghafal, terlebih bagi siswa yang masih belum lancar dengan baca tulis Al-Quran, sehingga dapat menghambat proses menghafal ayat-ayat atau surat-surat pendek dalam Bidang studi Al- Quran Hadits. Penelitian yang dilakukan di MTs Negeri karangkendal Cirebon bertujuan untuk memperoleh data tentang penerapan metode hafalan, data Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon dan untuk memperoleh data tentang Pengaruh Penerapan Metode Hafalan terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Al- Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon Metode hafalan yaitu metode yang digunakan oleh seorang pendidik dengan menyerukan peserta didiknya untuk menghafalkan sejumlah kata-kata atau kalimat maupun kaidah-kaidah, metode hafalan ini bertujuan agar peserta didik mampu mengingat pelajaran yang diketahui serta melatih daya kognisi, ingatan dan fantasinya. Sedangkan Prestasi belajar adalah apa yang telah dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar. Prestasi belajar ini ada juga yang menyubutnya hasil belajar Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik-teknik sebagai berikut : (1) teknik pengumpulan data. Adapun teknik-tekniknya adalah; a. observasi, b. wawancara, c. Penyebaran angket kepada siswa yang dijadikan sampel dari jumlah siswa kelas VIII yaitu 34 siswa, d. dokumentasi. (2) Menggunakan rumus prosentase dan (3) untuk mengetahui hubungan antara variabel x dan variabel y, maka digunakan rumus korelasi pearson product moment (PPM). Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: 1. Berdasarkan data penerapan metode hafalan pada mata pelajaran Al- Quran Hadits di sekolah MTs Negerikarang Kendal menunjukan angka rata-rata 65.87% dalam kategori “selalu”, 34.1% dalam kategori “kadang-kadang” 1.7% dalam kategori “Tidak pernah”. Hal ini dapat diartikan bahwa pelaksanaan metode hafalan di MTs Negeri Karangkendal Kabupaten Cirebon pada rentang 35.8% dalam kategori Tidak baik. 2. Besarnya pengaruh penerapan metode hafalan pada bidang studi Al-Qur’an Hadits (variabel X) terhadap prestasi belajar siswa (variabel Y) yang dihitung dengan koefisien korelasi adalah 0,70 Data tersebut menunjukkan pengaruh yang tergolong sedang atau cukup. Sedangkan kontribusi variabel X memberikan pengaruh terhadap variabel Y sebesar 49% dan sisanya sebesar51% ditentukan oleh variabel lain. Jika melihat hasil dari uji t, diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel atau 3.591 > 2.042. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan dari penerapan metode hafalan pada Bidang Studi Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar siswa di MTs Negeri Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 06:28
Last Modified: 06 Jun 2017 05:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item View Item