PENANAMAN KEDISIPLINAN DALAM KELUARGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES

Lisviani Cahayawati, (2012) PENANAMAN KEDISIPLINAN DALAM KELUARGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Lisviani Cahayawati_58410401__OK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Lisviani Cahayawati: ( NIM: 58410401 ) Disiplin merupakan aspek pendidikan yang berkaitan dengan keterampilan membagi waktu. Disiplin seharusnya diterapkan sejak kecil, mulai dari lingkungan sosial terkecil, yakni keluarga. Dan orang tua adalah pihak pertama yang mempunyai taggung jawab dalam menanamkan sikap disiplin kepada anak-anak mereka. Keluarga merupakan batu pondasi setiap masyarakat besar manusia, hampir setiap orang mengawali kahidupannya dan menjadi seorang pribadi di dalam keluarga. Oleh karena itu pendidikan pertama yang ia dapatkan dalam keluarga tersebut akan mempengaruhi tingkah laku dan pola kehidupannya setelah dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk memperolah data tentang pengaruh penanaman kedisiplinan dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), yang meliputi disiplin dalam waktu beribadah, disiplin dalam belajar di rumah, disiplin waktu istirahat, disiplin berangkat dan pulang sekolah, cara menanamkan disiplin dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah, wawancara, angket, observasi dan studi dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Penelitian ini penulis lakukan di SMA Negeri 1 Ketanggungan, dengan 25 siswa sebagai sampel dari 245 populasi yang terdiri dari kelas X dan klas XI. Hasil penelitian menunjukan: 1) Penanaman kedisiplinan yang diterapkan oleh orang tua dari siwa responden cukup baik dengan perolehan; a) untuk jawaban selalu 50,05 %, b) untuk jawaban sering 25,08 %, c) untuk jawaban kadang-kadang 21,77 % , d) untuk jawaban tidak pernah 3,05 %. 2) Prestasi siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam terbilang baik dengan rata-rata 79. 3) Hasil korelasi variabel X dan variabel Y sebesar 0,378, terdapat pada rentang 0,20-0,399 dengan kategori rendah. Pengaruh penanaman kedisiplinan dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan agama Islam (PAI) sebesar 14,3 %. Sedangkan sisanya yakni, 85,7 %, itu berasal dari faktor-faktor lain. Karena rhitung (0,378) lebih kecil dari rtabel, pada taraf signifikansi 5 % (0,381) dan taraf signifikansi 1 % (0,487). Dengan demikian koefisien korelasi 0,378 itu tidak signifikan. Sehingga dapat penulis simpulkan bahwa hipotesis Ha (Ada pengaruh positif yang signifikan antara penanaman kedisiplinan dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa) ditolak, sedangkan hipotesis Ho (Tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara penanaman kedisiplinan dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa) diterima. Penanaman Kedisiplinan dalam Keluarga dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 06:42
Last Modified: 06 Jun 2017 06:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item