PENDIDIKAN SHALAT PADA ANAK USIA 7 – 13 TAHUN (Studi Terhadap Matan Hadits Imam Abu Daud Nomor 242) Menurut Zakiah Daradjat

ROHMAT, (2012) PENDIDIKAN SHALAT PADA ANAK USIA 7 – 13 TAHUN (Studi Terhadap Matan Hadits Imam Abu Daud Nomor 242) Menurut Zakiah Daradjat. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ROHMAT_50540341__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ROHMAT : 50540341, “PENDIDIKAN SHOLAT PADA ANAK USIA 7-12 TAHUN (Studi matan hadits imam abu daud nomor 242 menurut zakiyah darajat ) Nilai-nilai pendidikan islam dalam hadit perintah sholat bagi anak yakni berusaha mengkaji lebih dalam hadits peintah sholat bagi anak. Apa saja nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya, dan bagaimana implementasinya kepada anak di lingkungan pendidikanya. Hadis riwayat imam abu daud adalah hadits yang akan penulis teliti., Karena penulis menganggap penting untuk di teliti. .Hadis yang bermuatan pendidikan terutama pendidikan sholat terhadap anak serta pendidikan seks terhadap anak usia 7-12 tahun yang sangat penting untuk di ketahui oleh para anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Tujuan penbuatan skripsi ini adalah untuk memperoleh data tentang bagaimana nilai nilai pendidikan islam yang terkandung dalam hadits tarbawi tentang pendidikan sholat pada anak usia 7-12 tahun ,serta bagaimana psikologi anak usia 7-12 tahun baik dalam bidang sikologi, cirri pisik maupun jiwa agama anak. Dalam penelitian tersebut penulis menggunakan metode penelitian, 1. Jenis penelitian yakni penelitian kepustakaan (library research) yaitu mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang dapat diperoleh dari perpustakaan. Sifat penelitian yakni deskriftip-analisis yaitu pemaparan apa adanya terdapat apa yang dimaksud dalam teks dengan cara memfrasekan dengan bahasa peneliti. Sedangkan pengolahan data yang akan diteliti nilai-nilai pendidikan yang terkandung didalamnya ialah nilai pendidikan keimanan, nilai pendidikan ibadah, nilai pendidikan akhlak, nilai pendidikan seks bagi anak. Sedangkan implikasi di pendidikan sekolah adalah nilai-nilai pendidikan Islam dapat dijadikan alat pengubah anak didik melalui proses pendidikan baik dapat di gunakan sebagai pedoman dalam pengabdian seorang hamba kepada Tuhannya, di aplikasikan guna membentuk manusia yang bertaqwa melalui ibadah maghdloh maupun ghairu mahdhlohnya dan dapat diterapkan atau dilibatkan dalam pengasuhan anak melalui proses pendidikan, baik dilingkungan keluarga sekolah dan masyarakat. Pendidikan keimanan, pendidikan ibadah, pendidikan akhlak dan pendidikan seks bagi anak. Nilai-nilai tersebut dapat diterapkan dalam setiap lini pendidikan anak dalam Islam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:37
Last Modified: 07 Jun 2017 01:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item View Item