PENGARUH PENERAPAN STRATEGI BELAJAR KOOPERATIF LEARNING TEKNIK JIGSAW TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 1 SUSUKAN KABUPATEN CIREBON

T A R W A D I, (2012) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI BELAJAR KOOPERATIF LEARNING TEKNIK JIGSAW TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 1 SUSUKAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
TARWADI_07410113___OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

T A R W A D I :“Pengaruh Penerapan Setrategi Belajar Kooperatif Learning Terhadap Minat Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Susukan Kabupaten Cirebon” Setrategi Belajar /Metode adalah salah satu cara yang dilakukan agar suatu tujuan pendidikan dapat tercapai. Namun dalam pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMPN 1 Susukan penggunaan metode yang sering dilakukan guru masih bersifat konvensional. Sehingga mempengaruhi minat belajar siswa. Sehingga Siswa terlihat bosan, malas, dan kurang antusias dalam belajar. Oleh karenanya peneliti berusaha mencoba menerapkan metode kooperatif tekhnik jigsaw untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk; 1) Memperoleh data mengenai bagaimana proses kegiatan pembelajaran PAI di SMPN I Susukan. 2) Memperoleh data mengenai minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN I Susukan. 3) Memperoleh data tentang pengaruh penerapan kooperatif learning teknik jigsaw terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI di SMPN I Susukan. Penelitian ini didasari oleh pemikiran bahwa penerapan setrategi belajar kooperatif learning teknik jigsaw merupakan salah satu metode dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penerapan metode kooperatif learning teknik jigsaw hendaknya diterapkan secara proporsional dan dipersiapkan dengan matang. Secara umum metode kooperatif learning dalam penerapannya menuntut tanggung jawab siswa untuk terlibat langsung secara aktif. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan empirik kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan studi dokumentasi. Sementara untuk teknik pengolahan data menggunakan rumus prosentase dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan strategi kooperatif learning teknik jigsaw dalam pembelajaran PAI di SMPN I Susukan menunjukan angka prosentase sebesar 81%. Artinya penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dalam pembelajaran PAI di SMPN I Susukan secara empirik tergolong dalam kriteria baik Sekali. Minat Belajar siswa dalam pembelajaran PAI Di SMPN I Susukan menunjukan angka prosentase sebesar 82,%. Artinya Minat Belajar siswa dalam pembelajaran PAI di SMPN I Susukan secara empirik tergolong dalam kriteria baik sekali. Pengaruh antara penerapan strategi belajar kooperatif learning teknik jigsaw dengan minat belajar siswa di SMPN I Susukan diperlihatkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,601 yang berarti cukup, yaitu berada pada interval 0,40-0,60. Angka tersebut menunjukan signifikansi hubungan antara variabel X dan variabel Y. Berdasarkan uji korelasi diketahui harga t hitung > t tabel yaitu 6,156 > 1,671. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Diperoleh juga indeks determinasi sebesar 36,1% Artinya 36,1% minat belajar siswa ditentukan oleh faktor penerapan metode kooperatif teknik jigsaw dan 63,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Faktor lainnya ini berasal dari motivasi internal siswa dan motivasi eksternal dari lingkungan dan keluarganya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:04
Last Modified: 07 Jun 2017 02:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1118

Actions (login required)

View Item View Item