Muhamad Hamzah, (2023) +UPAYA GURU FIKIH DALAM MENGATASI PELANGGARAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI SYARIAH MADRASAH ALIYAH NAHDATUL ULAMA PUTRA (MA NU PUTRA) BUNTET PESANTREN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1608101130_1_cover.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
1608101130_2_bab1.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
1608101130_6_bab5.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
1608101130_7_dafpus.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
MUHAMAD HAMZAH NIM 1608101030 Upaya Guru Fikih dalam Mengatasi Pelanggaran Disiplin Belajar Siswa Kelas XI Syariah Madrasah Aliyah Nahdatul Ulama Putra (MA NU Putra) Buntet Pesantren Cirebon Pendidikan pada dasarnya upaya untuk menyadarkan dan mengajarkan siswa, tidak terkecuali mata pelajaran Fikih, Fikih sebagai ilmu yang mengajarkan tentang aturan agama Islam, tentu mengajarkan dengan baik tentang disiplin, namun masih saja terdapat pelanggaran disiplin yang dilakukan siswa, hal tersebut menunjukkan pembelajaran Fikih dan Pendidikan belum berhasil menyadarkan dan mengajarkan siswa tentang disiplin. Maka dengan itulah, peneliti mengangkat judul “Upaya Guru Fikih dalam Mengatasi Pelanggaran Disiplin Belajar Siswa Kelas XI Syariah Madrasah Aliyah Nahdatul Ulama Putra (MA NU Putra) Buntet Pesantren Cirebon”. Penelitian ini tujuannya adalah untuk mencari data berupa proses pembelajaran Fikih, upaya guru Fikih dan faktor-faktor yang memengaruhi pelanggaran disiplin belajar di kelas XI Syariah Madrasah Aliyah Nahdatul Ulama Putra (MA NU Putra) Buntet Pesantren Cirebon. Peneletian ini, mencoba mencari tahu bagaimana proses pembelajaran Fikih di kelas XI Syariah Madrasah Aliyah Nahdatul Ulama Putra (MA NU Putra) Buntet Pesantren Cirebon, upaya guru Fikih dalam mengatasi pelanggaran disiplin belajar siswa kelas XI Syariah Madrasah Aliyah Nahdatul Ulama Putra (MA NU Putra) Buntet Pesantren Cirebon dan kemudian faktor-faktor yang memengaruhi pelanggaran disiplin belajar siswa kelas XI Syariah Madrasah Aliyah Nahdatul Ulama Putra (MA NU Putra) Buntet Pesantren Cirebon. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Lokasi penelitian ini di Madrasah Aliyah Nahdatul Ulama Putra (MA NU PUTRA) Buntet Pesantren Cirebon. Hasil Penilitian, proses pembelajaran Fikih dimulai dengan pembukaan, artinya guru Fikih membangunkan siswa yang tidur atau siswa yang belum berada di kelas, kemudian pada inti pembelajaran guru Fikih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi, hal tersebut untuk menanggulangi kebosanan belajar, pada penutup guru Fikih menggunakan metode penugasan untuk membuat siswa selalu mengingat kembali pelajaran yang telah diajarkan. Upaya guru Fikih yang lain adalah pembiasaan, menasehati, memerintah, menegur, dan menghukum. Pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan siswa pada dasarnya terjadi dikarenakan 2 faktor, kedua faktor tersebut adalah faktor luar (eksternal) dan faktor dalam (internal). Kata Kunci : Guru Fikih, Disiplin dan Siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 02:03 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 02:03 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11339 |
Actions (login required)
View Item |