KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF HABIB ZEIN BIN IBRAHIM BIN SUMAITH DALAM KITAB AL-MANHAJ SA-SAWIY

SYARIF ALI RIDLO YAHYA, (2023) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF HABIB ZEIN BIN IBRAHIM BIN SUMAITH DALAM KITAB AL-MANHAJ SA-SAWIY. Bachelor thesis, S2- MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.

[img]
Preview
Text
COVER.1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

SYARIF ALI RIDLO YAHYA: KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF HABIB ZEIN BIN IBRAHIM BIN SUMAITH DALAM KITAB AL-MANHAJ AS-SAWIY Manusia diciptakan oleh Allah sebagai penerima dan pelaksana ajaran. Oleh karena itu, manusia ditempatkan pada kedudukan mulia. tujuan mendasar dari pendidikan adalah untuk membuat seseorang menjadi good dan smart. Peran agama melalui jalur pendidikan agamanya menjadi begitu penting dalam pembentukan negara terutama pembentukan karakter kebangsaan Indonesia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah pertama, mengetahui bagaimana konsep pendidikan Dzahir dan Bathin Tarekat Alawiyah Dalam Kitab Al-Manhaj As-Sawiy Karya Al-Habib Zein Bin Ibrahim Bin Sumaith. Kedua, menganalisa materi maupun metode yang dilakukan oleh Al-Habib Zein Bin Ibrahim Bin Sumaith dalam mendidik. Ketiga, mengembangkan konsep pemikiran Al-Habib Zein Bin Ibrahim Bin Sumaith dilingkungan pendidikan. Penelitian ini menggunkana pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Library Research. Pengumpulan data dilakukan dengan pendalaman literatur kitab-kitab, artikel, dan buku. Hasil penelitian dari Karya al-Habib Zein Bin Ibrahim (1) jalan untuk menanamkan pengetahuan agama pada diri seseorang sehingga terlihat dalam pribadi objek sasaran , yaitu pribadi yang Islami; Kedua cara untuk memahami, menggali, dan mengembangkan ajaran Islam, sehingga terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. (2) menegakkan dasar-dasar pengenalan kepada Allah, sebagai pendasaran khilafah, wakil Allah dalam mengelola bumi dan juga sebagai upaya menumbuhkan dalam diri manusia perangai- perangai mulia. (3) Konsep etika tidak dapat dipisahkan dari kehidupan majemuk masyarakat. Namun perlu disadari, bahwa perkembangan zaman begitu cepat, nilai etika juga merambah dalam dunia pendidikan, Apabila pendidik menerapkan etika yang baik makakegiatan pembelajaran akan semakin menghasilkan hasil yang berkualitas Kata Kunci: Pendidikan Lahir, Pendidikan Bathin

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:28
Last Modified: 21 Jul 2023 03:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11541

Actions (login required)

View Item View Item