PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA GOPAY (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perbankan Syariah Angkatan 2019)

IIP INDRIATI, (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA GOPAY (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perbankan Syariah Angkatan 2019). Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah.

[img]
Preview
Text
1908203067_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203067_2_bab1.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203067_6_bab5.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203067_7_dafpus.pdf

Download (753kB) | Preview

Abstract

Iip Indriati. 1908203067. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pengguna GOPAY (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perbankan Syariah Angkatan 2019)”. Semakin berkembangnya teknologi saat ini telah mendorong berkembangnya masyarakat digital, manusia berhasil menciptakan E-Wallet atau dompet digital yang didukung dari berbagai macam aplikasi dompet digital. Kualitas pelayanan yang menjadi faktor secara keseluruhan dari karakter produk atau jasa yang diberikan agar dapat diketahui penilaian baik atau buruknya dalam kualitas pelayanan. Dari sekian banyak pilihan dompet digital, gopay diharapkan menciptakan fitur-fitur terbaru agar pengguna merasa puas akan produk serta layanan yang diberikan sehingga konsumen melakukan pembelian ulang produk atau jasa yang dipilihnya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui berapa besar pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan konsumen terhadap loyalitas pengguna Gopay ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan perbankan syariah angkatan 2019 IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebanyak 70 responden. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik yang terdiri dari uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t (parsial), uji F (simultan) dan uji koefisien determinasi (R²). Proses perhitungan dibantu program aplikasi sofware SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengguna gopay pada mahasiswa perbankan syariah angkatan 2019 dengan pengaruh parsial sebesar 20%. Variabel Kepuasan Konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengguna gopay pada mahasiswa perbankan syariah angkatan 2019 dengan pengaruh parsial sebesar 40%, Sedangkan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengguna gopay pada mahasiswa perbankan syariah angkatan 2019 dengan pengaruh sebesar 61,5% dan sisanya dipengaruhi faktor lain diluar objek yang diteliti. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:20
Last Modified: 29 Aug 2023 03:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11701

Actions (login required)

View Item View Item