Eaka Munawaroh, (2023) Strategi dan Gaya Kepemimpinan Ulama Perempuan dalam Mewujudkan Kompetensi Abad 21 pada Santri. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.
Text
1.COVER.pdf Download (489kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (851kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (566kB) |
|
Text
DAFTAR PUTSAKA.pdf Download (780kB) |
Abstract
Nama : Eka Munawaroh NIM : 21086010008 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan gaya kepemimpinan ulama perempuan dalam mewujudkan kompetensi abad 21 pada santri di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan melakukan observasi dan dialog lapangan yang dianalisis secara non-statistik dan disajikan secara deskriptif. Adapun data-data pendukung diperoleh melalui wawancara dan dokumenntasi. Responden penelitian terdiri atas Ulama Perempuan atau yang akrab disebut dengan panggilan Nyai, beserta dengan para Santri pengurus pondok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dan gaya kepemimpinan ulama perempuan memiliki peran penting dalam mewujudkan dan mengembangkan kompetensi abad 21 pada santri di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon.Gaya kepemimpinan ulama perempuan yang ditemukan mencakup partisipatif, inspirasional, transformatif, kolaboratif, dan berbasis keterampilan. Strategi yang ditemukan melibatkan penguatan kepemimpinan transformasional, pengembangan kurikulum inovatif, pelatihan dan bimbingan kepada santri, partisipasi aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan sosial, serta dialog interkultural dengan masyarakat sekitar. Kata Kunci: Strategi dan Gaya Kepemimpinan Ulama Perempuan, Santri Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon, Kompetensi Abad 21
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 03:57 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 03:57 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13004 |
Actions (login required)
View Item |