Strategi Pemasaran Pembiayaan Mitraguna Berkah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Kcp Indramayu Sudirman

Kona’ah Nur’alijah, (2024) Strategi Pemasaran Pembiayaan Mitraguna Berkah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Kcp Indramayu Sudirman. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN SNJ.

[img] Text
2008203029_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008203029_2_bab1.pdf

Download (326kB)
[img] Text
2008203029_6_bab5.pdf

Download (145kB)
[img] Text
2008203029_7_dafpus.pdf

Download (280kB)

Abstract

Strategi pemasaran digunakan oleh Bank Syariah Indonesia untuk mengembangkan produknya dengan tujuan meningkatkan jumlah nasabah. Dalam konteks pemasaran, produk pembiayaan memiliki peran penting sebagai salah satu produk yang dipasarkan. Bank Syariah Indonesia KCP Indramayu Sudirman memiliki produk pembiayaan Mitraguna Berkah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pembiayaan Mitraguna Berkah yang diterapkan pada Bank Syariah Indonesia KCP Indramayu Sudirman dalam meningkatkan jumlah nasabah. Untuk mengetahui kendala dari proses pemasaran pembiayaan mitraguna berkah dan untuk mengetahui efektivitas strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan Mitraguna Berkah pada Bank Syariah Indonesia KCP Indramayu Sudirman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Bank Syariah Indonesia KCP Indramayu Sudirman menerapkan strategi pemasaran Segmentasi Pasar (Segmentation), Target Pasar (Targetting), Posisi Pasar (Positioning) dan Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Dengan adanya strategi pemasaran bank lebih lebih terarah memasarkan produk-produk perbankan seperti Mitraguna Berkah. 2. Kendala yang dihadapi Bank Syariah Indonesia KCP Indramayu Sudirman dalam memasarkan produk pembiayaan Mitraguna Berkah lebih berfokus pada persepsi masyarakat terhadap bank syariah, yang menyimpulkan bahwa operasional bank syariah belum sepenuhnya mengikuti prinsip syariah. Selain itu, ada kendala dalam persyaratan pembiayaan yang mengharuskan calon nasabah menjadi payroll BSI, sehingga tidak semua masyarakat atau calon nasabah dapat memperoleh pembiayaan tersebut, yang kemudian mempengaruhi tingkat pemasaran produk Mitraguna Berkah. 3. Efektivitas strategi pemasaran dalam mencapai tujuan guna meningkatkan jumlah nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Indramayu Sudirman dikatakan cukup efektif karena terjadinya peningkatan jumlah nasabah setiap tahunnya, dan strategi yang paling efektif untuk meningkatkan jumlah nasabah lebih kepada strategi promosi. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pembiayaan Mitraguna Berkah, Bank Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 May 2024 03:41
Last Modified: 15 May 2024 03:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13133

Actions (login required)

View Item View Item